At 16:04 03/07/04 +0700, adi wrote:
>http://antispam.or.id/faq.php
>
>Ini jelas pengawuran besar-besaran. untung belum diundang-undangkan,
>bisa masuk bui tuh kalau ada yang nuntut :-)

he he he...saya rasa nggak perlu bikin spam-spam-an. Kalau saya sih biasanya memperingatkan ISP-nya dulu, bahwasannya untuk sementara range IP tertentu di blok karena mengirimkan spam. Kalau ISP-nya bandel, yah seluruh blok IP-nya saya blokir aja, gitu kok susah (dibebaskan untuk MX-nya aja)...he he he...
Tapi pembuatan antispam tersebut tidak menyalahi perundangan Kang, biarin aja. Kalau memang terbukti ada e-mail dari alamat IP tertentu yang kirim spam, saya kira malah bisa menuntut ISP-nya (dalam tingkatan tertentu, tidak mencakup keseluruhan kasus).

>yuk ngirim email spam rame-rame pakai telkomnet instant, biar
>ipnya kena blok semua (kalau belum diwhitelist) ;p
>saya punya banyak tuh yang berhasil ketangkep pakai bogofilter.

he he he...mosok sih? Katanya TelkomNet Instan sudah di blockir untuk SMTP keluarnya, jadi harus lewat SMTP-nya TelkomNet. Bukannya dengan demikian kita bisa complain ke mereka? ...he he he...
Tapi ada banyak pengalaman buruk komplain ke Indonesia ding, butuh waktu berminggu-minggu untuk mendapat sekedar balasan "Proses sedang kami tangani"...he he he...keburu saya block dulu tuh IP-nya. Maaf, tentu banyak rekan lain yang responsif, tapi kok ya saya nemunya selalu yang kagak responsif.

>terserah kalau telkomnet mau bikin dnsbl buat dipakai
>sendiri (mx telkom.net pakai ini). tapi bukan dipublish
>seperti ini. mudah-mudahan tidak.

Di publish aja Kang...he he he...tapi ya jangan asal maen blokir ding, nunggu aja jawaban dari abuse@ biar mantep. Kalau emang nggak ada yang nanggepin, kali emang lebih baik masuk ke daptar buronan...ha ha ha...Batasan sebuah pengaduan expired berkisar max 3 x 24 jam, lebih dari itu, udah blockir IP ybs, kalau masih terus terjadi dan nggak ada response dari abuse@, ogut langsung blockir blok IP-nya. ISP mau nuntut, saya akan tuntut balik, karena mereka telah merugikan saya dan client saya dengan cara membebani akses Internet saya.

Gimane Kang Adi? Lama gak basuo, hostname saya ngilang je...he he he...mana akses UUCP lupa setup dan password-nya...hi hi hi...(sorry personal, numpang).

Regards,
-kelik-