On Monday 19 January 2004 14:53, Nana wrote:
> Dh,
> Pak Yanto
>
> Setelah kami kontak APJII apakah data langsung up date di web Pak..??
> karena setelah kami cek dari bbrp kali kita proses register domain
> dan pembayarn sudah kita lakukan (sudah kirim fax dan email konfirmasi
> ke billing APJI), tetap saja tampilan status suatu domain di IDNIC masih
> "status belum bayar".

Berikut beberapa kemungkinan kenapa Anda sudah bayar tapi status diwebsite
masih "belum bayar".

1. Pembayar memang belum mengkonfirmasikan ke billing.
2. Sudah mengkonfirmasikan akan tetapi tidak mencantumkan/menginformasikan
nama domain pada bukti transfer nama domain apa yang dibayarnya, karena
sangat-sangat menyulitkan billing, yang terjadi adalah  uang masuk tapi tidak
diketahui untuk bayar domainnya.
2. IDNIC Lalai tidak segera update.
3. Billing terlambat report ke IDNIC.

Untuk nomor 2 dan 3 asalkan jelas informasinya maka dalam hari itu juga
dilakukan update pembayaran.

> Kalau seperti demikian bagaimana cara kita bisa tahu bahwa domain2 kita
> sudah status bayar lunas..??karena dari billing APJII tdk pernah ada
> konfirm bahwa payment kita udah masuk.

Anda bisa periksa melalui "status billing" diwebsite IDNIC.
Jika hari ini Anda bayar dan pada hari berikutnya status belum bayar dapat
kami pastikan konfirmasi yang dilakukan informasinya belum lengkap.

Kalau saran saya, sebelum status berubah "sudah bayar" konfirmasikan kembali
ke billing dengan informasi yang detail pada bukti bayar.

Mengenai jika pembayaran sudah diterima oleh billing dan report ke pembayar
... Mungkin billing yang bisa jawab bisa tidaknya.

-yanto