AIR... Aer-aer...
Sebetulnya tidak ada yang mengharamkan siapa pun pakai air. Tapi, ini IMHO banget nih, kelihatannya sih di dunia Star Trek, air sudah dianggap tidak praktis untuk masalah sanitasi. Not to mention kalah efektif dibanding Sonic (maksudnya lebih bersih pake sonic dengan katakanlah waktu mandi/mencuci yang sama). Yang mandi atau cuci muka pakai air ini lebih merupakan luxury yang tujuannya tidak lagi mengutamakan ke sanitasi. Bagi Riker dan Troi jelas dong. Tujuannya ke romantisme. Gue juga nggak akan peduli mau bersih mau enggak, kalo di bathtub beduaan Troi, pasti senang. Picard juga cuci muka bukan buat sanitasi pastinya. Lebih ke tujuan menenangkan diri setelah mengalami mimpi yang begitu disturbing. Bahwa itu ternyata di dalam mimpi juga ya wallahualam. Kalo diperhatiin, nggak semua kru punya wastafel. Bahkan nggak semua ready room-nya kapten punya wastafel (In this case bahkan, nggak semua kapal ada ready room buat kapten.) Makanya menurut gue, air itu merupakan luxury, bukan lagi kebutuhan primer. Gue lupa juga apa di episode pernah disinggung mengenai sonic. Rasanya sih pernah. Tapi yang gue yakin banget gue baca di novel-novel Star Trek, banyak disinggung tentang sonic shower ini. Bahkan laundry pun pakai sonic. Pernah di salah satu novel, Worf ngomong tentang Riker bahwa "The Commander bathe once a week... in water." Yang nadanya sinis-sinis gitu deh. Menandakan bahwa itu sebenernya bukan lagi kebutuhan sanitasi, tapi luxury, yang bagi Riker juga pastinya bertujuan untuk menenangkan diri, relaksasi dan sebagian mungkin tradisi bahwa sekali-sekali orang harus mandi berendam di air. Sementara bagi Worf, kemungkinan dia bersikap begitu karena menganggap "bathing in water" adalah hal yang tidak berguna selain hanya untuk memanjakan diri. Memanjakan diri akan ditanggapi dengan sinis bagi seorang Klingon sejati. Bukan gitu, rekan-rekan Klingon? He he he... Ario _____ From: [email protected] [mailto:[EMAIL PROTECTED] On Behalf Of Alidjaja Ivan cuci muka pake aer... -- di insurection, ada adegan bathtub si Riker...ehm..ini pake aer juga... ________________________________ From: indo-startrek@ <mailto:indo-startrek%40yahoogroups.com> yahoogroups.com [mailto:indo-startrek@ <mailto:indo-startrek%40yahoogroups.com> yahoogroups.com] On Behalf Of Arlandi Landjono seinget gue, utk soal bersih2 diri, baru di ST:First Contact dikasih liat bener2 kalau Picard cuci muka sehabis mimpi buruk. a.r.l.a.n [Non-text portions of this message have been removed]
