kalo masalah masak memasak menu jawa...
saya rada jago..
nih tak kirimin resepnya:

opor ayam:

1/2 kg dada ayam dipotong2 sesuai selera (boleh masa kini atow masa lalu)
1 bungkus mumbu jadi 'opor' (oleh produk indofood atow bambu)
(maaf ini bukan iklan lho)
1 siung bawang bombai di rajang kecil2 (soale saya gak punya 'leyeh')
2 siung bawang putih juga dipotong kecil2
1 lembar daun salam
sepotong daun serai

nah, bumbu2 tadi di goreng sangai
trus dimasukkan ke panci yang telah berisi daging ayam
dan 2 gelas air
rebus daging dan bumbu tsb dan ditambah 2 kaleng kecil santan
tunggu sampai matang sambil kadang diaduk2
mengenai garam..tinggal disesuaikan dengan selera.

        bumbu yang anda sebutkan ada di kulkas saya.
        saya mau praktekkan resep dari anda di wiken ini.
        supaya, lidah saya tidak terlanjur bosan
        dengan masakan saya yang resepnya:

        1/2 kg ayam direbus 20 menit
        lalu dimasukkan dalam wajan yang di atasnya
        telah kemlekar: irisan bawang bombay, bawang
        putih, garam, bumbu jadi (indofood, kalau bambu
        rasanya murahan).
        campuran tadik diaduk-aduk sampai kisap.
        setelah itu kecap di-ecrotkan tiga kali.
        tambah juga bumbu masak 1 sendok teh :(
        (ini untuk mengawekani kalau ramuan
        te-rasa hambar). tambahkan air sedikit...
        setelah 10 menit diobok-obok, ayam rasa
        bumbu masak siap dikerokoti...

        masakan tadi saya coba berkali-kali.
        dan, pasti, rasanya nggak pernah sama.
        alhasil, saya belum merasa bosan... :(

        untuk variasi, daging ayam bisa diganti-ganti:
        bagian dada, paha, suwiwi, dll. tapi jangan
        sekali-kali pakai daging sapi. bakal alot!

        salam manis,
        anti

        ps. saya tunggu resep sambel gorengnya...
Anti K. Prodjosantoso

Solid State Chemistry Research Group
Inorganic Chemistry Department
University of Sydney