> Assalamulaikum
>
> Salam bahagia kepada saudara-saudara  yang sudah lama sekali saya tidak
> ikut berdiskusi dengan kawan2, Bpk2, Ibu2, Mbak2, dan siapa saja yang ikut
> di milis. Oleh karena itu saya ingin ikut bergabung kembali dengan
> memberikan sebuah bahan diskusi mengenai situasi politik antara Indonesia
> sebagai yang "katanya" selalu menjadi ancaman bagi Australia beserta
> sekutunnya, Nah untuk itu bacalah artikel yang saya temui di bawah ini dan
> analisalah dan marilah kita berdiskusi tentang bagaimana Indonesia sebagai
> [...]

yang pertama,
sebaiknya anda menyebutkan sumber artikel yang anda temui (media
indonesia, al irsan [?]), agar jerih payah sang penulis punya kesempatan
untuk dikenang pembacanya.

yang kedua,
ada beberapa isu yang perlu dimunculkan untuk melihat artikel itu. salah
satu contoh yang paling mudah:

kalau benar di anu ada seabrek indonesianist yang memang siap dan bisa
dimanfaatkan oleh aussie, kenapa implementasi kebijakan luar negerinya
kedodoran. dinginnya hubungan indo-oz bisa dibaca sebagai: seabrek
indonesianist yang disebut berrumah di anu itu indonesianist aspal dan
karena gagasan yang disarankan ke canberra unworkable atau canberra
[memang] tidak mendengarkan para indonesianist itu (thus, proposisi bahwa
para indonesianist ini sebagai think thank canberra tidak valid).

[tentu saja ada cara 'membaca' yang lain di luar yang saya katakan di
atas].

Kirim email ke