Para pembaca yang budiman,

Berhubung karena "bola"-nya sudah di lapangan dan
penonton-pun sudah banyak memadati lapangan per-
tandingan dengan  tiket masuk telah habis terjual, te-
"lawan   tanding" saya, ROBERTO SARMENTO CAR-
LOS belum  juga    muncul-mucul karena ada ketidak-
sesuaian   antara   ROBERTO SARMENTO CARLOS
sebagai   "pemain"   dan HERIBERTUS KEHIK, sang
"pelatih"   soal  biaya   dimana  sang "pelatih" menun-
tut pembayaran  yang   tinggi    apabila sang "pelatih"
kawakan   ini    berhadapan  langsung dengan YUSUF
LEONARD     HENUK     sang    "pemain" merangkap
"pelatih".

Akibatnya,   panitia   pertandingan memberitahukan ke-
pada   saya agar untuk  menghindari adanya amuk-kan
dari para penonton, maka sebaiknya saya me-"warning-
up" "lawan tanding"   saya   dengan  gerakan kata-kata
"warning-up" demikian:

Ternyata ROBERTO SARMENTO CARLOS selama  me-
rupakan "Murid Asu" yang suka menggonggong semakin
galak apabila si "Guru Asu"-nya, HERIBERTUS  KEHIK,
sang "GURU TERBANG" lulusan "Sekolah Pingin Guru"
(SPG) setingkat "Sekolah Meng-asu Anak" (SMA) yang
di-asu-i oleh para staf pengajar dari "UNiversitas TIMang-
TIMang"   (UNTIM-TIM)   di negara yang belum merdeka
penuh, TIMOR LORO SAE.

Jelasnya, kepada  semua orang Timor  Loro Sae yang ber-
gentayangan di dunia internet, INTERFET tidak punya kua-
sa di dunia internet untuk membela kamu.

Saya, YUSUF LEONARD HENUK,  lulusan   alumni  terbaik
"Sekolah Staf KOmando Inter-NET"  (SESKONET) yang ber-
markas  di Institut Teknologi Ba'a (ITB) bersedia menantang
kamu  semua dimana-pun berada. Perlu diketahui oleh para
pembaca bahwa: KOTA BA'A adalah PUSAT PEMERINTAH-
AN P. ROTI dimana saya   berasal.  Gedung  sekolah  kami
sangat sederhana  sekali  dimana     berupa   sebuah rumah
panggung  bertingkat tiga yang diatapi ilalang:

  - TINGKAT DASAR ('Animal Base") diperuntukkan kepada
     ternak peliharaan kami, yaitu: ternak ayam,babi, Kambing
     dan domba;
   - TINGKAT PERTAMA ("Human Base") diperuntukkan ke-
      pada kami sekeluarga; dan
   - TINGKAT   KEDUA  ("Food Base") diperuntukkan sebagai
      lumbung makanan kami selama 1 (satu) kali masa panen
      dalam setahun.

Sedangkan, kepada saudara-saudara-ku  Pro-Otonomi teruskan
perjuangan kamu sebab lambat  atau   cepat  CITA-CITA KAMU
UNTUK   MENGUASAI   BUMI  LORO   SAE   BAGIAN BARAT
PASTI BERHASIL. Perlu diingat bahwa kenyataan    yang kamu
hadapi   setelah   'jajak pendapat' yang dikonspirasi-i oleh Dunia
Barat, JUSTRU  SEHARUSNYA  MEMPERTINGGI SEMANGAT
KAMU   DALAM   BERJUANG   UNTUK MENCAPAI CITA-CITA
KAMU YANG SESUNGGUH-SUNGGUHNYA.

SAYA, YUSUF LEONARD HENUK, SEORANG DIRI SAJA, YANG
BERASAL DARI  TIMOR-BARAT  DIMANA  KAMU BERMARKAS,
BISA MENGALAHKAN SI "MULUT BESAR" YANG SUKA  MENG-
GONGGONG,   ROBERTO   SARMENTO   CARLOS   TIDAK  SE-
ORANG   DIRI   DARI    BUMI  LORO SAE SETELAH SAYA BER-
JUANG DENGAN  SUATU  KEYAKINAN YANG TEGUH SELAMA
HAMPIR   SEMINGGU  DI  DUNIA  INTERNET (1  Desember   -  8
Desember 1999).

Selanjutnya,   kepada  para penyandang dana dalam pertandingan
ini, yaitu semua "Lembaga  Susahkan Masyarakat" (LSM- agar da-
pat biaya cuma-cuma dari mana-mana)   dimana-pun berada  yang
selalu disebut-sebut oleh ROBERTO SARMENTO CARLOS, tolong
beri dana tambahan  untuk biaya latihan  pemantapan dari ROBER-
TO SARMENTO  CARLOS yang masih membutuhkan banyak dana
guna   penampilan  lawan tanding saya ini lebih betul-betul "MANDI
sendiRI" (MANDIRI) di waktu-waktu mendatang.

Dengan perkataan lain,sisihkan dana kamu yang sebanyak-banyak-
nya untuk memenuhi target "  "REPETITI" ('REncana PEmbangun-
an  TIngkat TInggi'  -  "High    Building    Development  Plan")    di
seluruh penjuru Bumi Loro Sae  seperti   yang  dimimpi-mimpikan
oleh ROBERTO SARMENTO CARLOS dan  seluruh rakyat Timor
Loro Sae.

In   conclusion,   EAST TIMOR  IS NOT A FULL ISLAND, BUT AN
HALF   ISLAND   AND   AN    EAST   TIMORESE LIKE ROBERTO
SARMENTO  CARLOS  IS A WATERMELON-MAN. BUT ROTI   IS
A FULL   ISLAND   AND   A  ROTINESE  LIKE YUSUF LEONARD
HENUK IS ROCK-MAN.

Salam Pro-Otonomi,

Ir. YUSUF LEONARD HENUK, M.Rur.Sc.
(PhD Candidate, University of Queensland,
 Australia).

Kirim email ke