Yusuf Henuk
===========

> Bapak Rudy I. Hutagalung, D.V.M., Ph.D.   (Managing
> Director, NUTRIFINDO, Jl. Cilandak Tengah II No.9 Jakarta Selatan
> 12430, misalnya,  sempat menyinggung topik menarik   ini   ketika
> mempresentasikan tulisannya berjudul: "The  Monetary Crisis  and
> its Impact  on the Development of the Poultry Industry in Indonesia".
> (Proccedings of the APSS, pp. 74 - 81).

Wangsa
======
Pak Yusuf yang baik, keberatan nggak kalau anda cerita sedikit (banyak lebih
baik) tentang yang dibicarakan Pak Hutagalung mengenai perkembangan unggas
di Indonesia.

Soalnya, yang pernah saya dengar, unggas di Indonesia perkembangannya amat
menyedihkan (terutama ayam). Menyedihkan dalam arti ternyata cengkeraman
"cakar" mafia Ayam di Indonesia masih sedemikian kuat. Akibatnya
peternak-peternak ayam kecil masih menderita "luka-luka" karena cakaran
"kartel ayam bercakar elang" itu.

Akibat permainan "si elang berbulu ayam" itu dalam mengutak-utik harga ayam,
teman saya yang jadi peternak pernah rugi, sehingga ia terpaksa menggulung
tikarnya.

Dulu, waktu jaman "tukang kapal terbang" jadi presiden, pernah ada skim
kredit buat usaha kecil (termasuk untuk peternak unggas skala kecil), di
mana penerima kredit harus berbentuk koperasi. Apa yang terjadi? Si elang
nggak kalah cerdik, dia giring karyawan-karyawannya bikin koperasi, hanya
untuk dapet dana kredit berbunga murah itu. Lagi-lagi peternak kecil jadi
korban.

Apakah pak Hutagalung cerita tentang hal ini? Atau mungkin pak Yusuf punya
cerita lain tentang politik ayam di Indonesia?

Ayolah pak Yusuf sekali-sekali cerita tentang politik dagang ayam, jangan
"politik dagang sapinya Gus Dur" melulu.

Salam
Wangsa

Kirim email ke