Teman-teman Indoz-net semua,

Perkenankanlah saya menanggapi tanggapan Bung Wangsa yang
telah bersedia menanggapi  tulisan  saya terdahulu  dimana  saya
mengambil  judul baru:  "Referensi  Ayam  Indonesia".  Judul ini di
pilih mengingat saya menemui  kesulitan dalam menyajikan suatu
tulisan singkat tetapi   dapat   memuat data perkembangan ternak
unggas di Indonesia.

Oleh   karena  itu,   saya hanya  dapat   menyajikan   beberapa
"Referensi Ayam   Indonesia"   yang saya ketahui dimana dapat
dicari oleh Bung Wangsa dan    teman-teman lainnya yang ingin
memperoleh gambaran     tentang   perkembangan   peternakan
unggas  di Indonesia antara  tahun 1998 dan  2000.

TAHUN 1998:
==========
(1). Harga Pakan Melonjak, Peternak Ayam Bangkrut. KOMPAS,
              Kamis, 8 Januari 1998, halaman 2.
(2). Peternak Ayam Sulsel Terancam Gulung Tikar. KOMPAS,
              Rabu, 14 Januari 1998, halaman 8.
(3). Runtuhnya Ternak Ayam. GATRA, 24 Januari 1998, halaman
              38.
(4). INDONESIA: Severe  Shortage Forecast. POULTRY INTERNA-
              TIONAL, June 1998: 14.

TAHUN 2000:
=========
(1). Hutagalung, R.I. (2000). The Monetary Crisis and Its Impact
                on the Development of the Poultry Industry in Indone-
                sia. In: Proceedings  of the  2000 Australian Poultry
                Science Symposium, University of Sydney, Sydney,
                NSW, Volume 12: 74-81.
(2). Farrell, D.J. (2000). The Economic  Downturn  in Asia: Its
                Impact on the Stockfeed  and  Poultry  Industries.
                 In:  Proceedings   of  the  2000 Australian Poultry
                Science Symposium, University of Sydney, Sydney,
                NSW, Volume 12: 67-73.
(3). Kerkwijk, E.A. (2000). The Future of the Indonesian Poultry
                  Industry: Struggle for    Survival. ASIAN POULTRY
                  MAGAZINE, January/February: 25-27.

Singkatnya,   semoga   beberapa "Referensi Ayam Indonesia" yang
saya sajikan dapat menjawab beberapa pertanyaan yang  diangkat
oleh Bung Wangsa tentang perkembangan ternak unggas di Indone-
sia.

Salam,

Yusuf L. Henuk