Teman-teman Indoz-net semua,

Perkenankanlah   saya  menanggapi tulisan Bung Usman Maine
yang dibuang dari sana oleh Nasrullah Idris dengan menyatakan
begini:

    "Sangat bagusnya IP seorang mahasiswa tidak semata-mata
      tergantung kepada nilai 'penelitian'-nya. Apalagi, kalau saya
      tidak salah, 'penelitian'   untuk     S1   =   6 SKS   dari total
      keseluruhan : 164 SKS (tolong diperbaiki kalau salah)."

      Jelasnya, seorang   mahasiswa S1 ataupun S2 tentu akan
      diijinkan oleh dosen walinya/pembimbingnya    untuk   me-
      lakukan penelitian,  apabila   si   mahasiswa  telah hampir
      menyelesaikan semua  materi   kuliah  yang    dibebankan
      kepadanya. Bahkan, seorang mahasiswa S3  baru akan di-
      ijinkan   melakukan penelitian, kalau telah  melewati tahap
      'QUALIFYING'.

      Tidak  hanya  itu, waktu yang dibutuhkan untuk melakukan
      penelitian tentu ada batasnya  sesuai dengan jangka waktu
      studi:

                          Lama studi               Lama Penelitian

       S1                 4 tahun                    >  3 - 6 bulan

       S2                 2 tahun                    >  0.5 - 1 tahun

       S3                 3 tahun                    >  2 - 2.5 tahun

      NB: Tolong diperbaiki data ini, kalau sekiranya SALAH.

      Sebagai tambahan, manfaat 'UNTUK  MASYARAKAT LUAS'
      dari   hasil  penelitian seorang  mahasiswa S1 tentu berbeda
      jauh sekali jika dibandingkan dengan seorang mahasiswa S2
      dan S3:

      Mahasiswa                     Jangkauan Penelitian
        S1                            Why' ---> It 'probably' caused by
                                                      (1) .......

        S2                            'Why' ----> It 'in fact' caused by

        S3                            'Why' -----> It 'indeed' caused by

      NB: Tolong diperbaiki data ini, kalau sekiranya SALAH.

Singkatnya, mengurangi waktu penelitian tidak ada pengaruhnya
dengan sangat bagusnya IP seorang mahasiswa.

Salam,

Yusuf L. Henuk