Date sent:        Wed, 16 Feb 2000 12:16:23 +0700
From:              erwin <[EMAIL PROTECTED]>
Send reply to:  [EMAIL PROTECTED]
To:                  Yusuf Henuk <[EMAIL PROTECTED]>
Subject:           Re: Thesis & Referensi!

> Yusuf Henuk wrote:
   [Telah dihapus]

> Erwin replied [1]:
> Terimakasih atas tanggapan anda mengenai e-mail saya yang dibuang
> oleh bung NI. Saya mungkin  menerima infomasi yang salah mengenai
> thesis yang  tidak   pernah atau    belum    pernah  dipublikasikan tidak
> valid dijadikan referensi penulisan  thesis  lainnya. Kata  TIDAK  VALID
> terlalu gegabah. Mungkin lebih tepat SEBAIKNYA  TIDAK DIGUNAKAN
> dengan alasan yang seperti telah saya kemukakan.

YUSUF:
   Dalam menulis suatu tulisan ilmiah membutuhkan data-data yang
   akurat  dan  terbaru. Sedangkan  data yang diambil dari  sebuah
   thesis yang belum dipublikasi  dapat    digunakan   dalam   suatu
   tulisan ilmiah sejauh   data    tersebut   masih   valid dan dapat di-
   percaya.

   Artinya, data  yang kita    ambil dari thesis tersebut  sangat men-
   dukung sekali   tulisan   ilmiah   kita.   Sedangkan  kita menemui
   kesulitan  dalam   memperoleh    data yang  kita butuhkan untuk
   mendukung   tulisan kita.  Apalagi, memang belum ada data  ter-
   baru selain data yang ada   dalam thesis yang belum dipublikasi.

  Jelasnya, "Unpublished Thesis" ataupun "Personal Comunication"
   DAPAT  KITA GUNAKAN dalam suatu tulisan ilmiah sejauh  data
   yang  kita   ambil dari kedua sumber tersebut diatas dapat diper-
   caya   dan   bahkan DAPAT KITA PERTANGGUNGJAWABKAN
   dalam  seminar  ilmiah yang tentu dihadiri oleh para pakar yang
   punya latar belakang ilmu yang sama dengan kita.

Erwin replied [2]:
> Saya pribadi setuju dengan pendapat bahwa thesis yang tidak pernah
> dipubiikasikan atau belum   dipublikasikan   tidak   digunakan sebagai
> referensi untuk penulisan thesis (walau saya ragu, .. lihat tanda tanya
> pada e-mail saya) dengan pendapat yang memberi keterangan  pada
> saya. Kalau anda  punya pengalaman   pernah melakukannya ...tidak
> cukup menyakini saya. Bisakan anda  memberi  alasan kenapa thesis
> yang tidak pernah atau belum pernah dipublikasikan   valid   dijadikan
> referensi.

YUSUF:
  Thesis yang tidak pernah atau belum pernah dipublikasikan valid di-
  jadikan referensi sejauh data yang tercantum dalam thesis tersebut
  masih valid dan dapat dipercaya.

  Jelasnya, hubungi para  senior  anda 'tidak hanya'  di ITB yang
   pernah  mempublikasi    tulisan    ilmiah   dan tanyakan kepada
   mereka   tentang MASALAH ILMIAH  SEPELE yang     sedang
   anda     hadapi.

   Kemudian coba menulis suatu   tulisan ilmiah sesuai bidang ilmu
   anda  dengan mencantumkan  data-data  yang anda  ambil  dari
   thesis yang  belum  dipublikasi. Lalu  coba  kirim ke jurnal ilmiah
   sesuai bidang ilmu  anda  dan  tunggu bagaimana komentar dari
   Dewan Redaksi dari jurnal ilmiah yang dimaksud, baik DITOLAK
   ('rejected') ataupun    DITERIMA   ('accepted')  dengan  sedikit/
   banyak  KOMENTAR ILMIAH.

Selamat mencoba!

Yusuf L. Henuk

Kirim email ke