Kalau boleh maka saya ingin mengatakan bahwa komputer itu tidak efisien
kalau hanya dipakai secara fungsional saja.
     Soalnya dalam komputer terkandung esensi engineering yang bisa dipakai
untuk memahami berbagai fenomena lain.
     Misalkan di bidang kedokteran untuk para dokter yang memiliki perangkat
komputer.
     Microsoft Word  bisa dijadikan simbol "Organ Jantung"
     Microsoft Excel  bisa dijadikan simbol "Organ Paru-Paru"
     Microsoft Explorer bisa dijadikan simbol "Organ Lambung"
     dan seterusnya.
     Kalau kita memahami interaksi "Copy"-"Paste" antara program2 pada
Komputer maka kalau kita larikan ke dunia kedokteran bisa memberikan
inspirasi untuk memahami interaksi antara organ pada tubuh tersebut.
     Memang komputer itu sifatnya internalisasi. Sedangkan tubuh manusia
sifatnya eksternalisasi.
     Tetapi dengan sering berhadapan dengan komputer diharapkan
sedikit-banyak bisa memberikan kredit point membantu dalam memahami tubuh
manusia.
    Ah ... susah juga nih menerangkannya. Tetapi maksud saya ya ...
begitulah.
    Yang mengerti dengan maksud saya mohon untuk menguraikannya lebih
jelas/lebih komunikatif.

Salam,

Nasrullah Idris

Kirim email ke