Teman-teman Indoz-net semua,

Silahkan baca jawaban untuk pertanyaan: "Indoz-net:
"OMONG KOSONG?"

Date sent:       Fri, 18 Feb 2000 16:18:40 +1100 (EST)
Send reply to:  [EMAIL PROTECTED]
From:           "Dermawan Wibisono" <[EMAIL PROTECTED]>
To:               Multiple recipients of list <[EMAIL PROTECTED]>
Subject:        Re: SIGNOFF AJA KOK REPOT!

BISON:
> Mengapa harus marah besar  Bung Yusuf. Apakah Freek Huskens
> tidak sedang melakukan hal yang sama dengan yang pernah anda
> lakukan terhadap Nasrullah Idris?

YUSUF:
   Jawaban singkat saya adalah: saya tidak percaya dengan apa
    yang dikatakannya: "Dalam 11 tahun di Indonesia saya belum
    pernah baca begitu  banyak   omong  kosong daripada di mail
    list ini"

    Jelasnya, yang SUKA  OMONG KOSONG adalah si Freek
    Huskens, karena dia sudah tahu bahwa Indoz-net OMONG
    KOSONG  selama 11 tahun, tetapi dia TETAP   bergabung
    dengan Indoz-net.

    Sebagai tambahan, yang lebih lucu lagi adalah: Si Freek
    Huskens   "Bisa Masuk  Tetapi Tidak Bisa Keluar"   dari
    Indoz-net.

BISON:
> Bedakanlah:
>
> Freek mengkritik 'tulisan' anda berdua (bersama NI)  yang  hanya berisi
> omong kosong. Lah mengapa anda menyerang 'pribadi' termasuk meng-
> adili 'Marga' dan 'asal-usul' plus justifikasi predikat ?

YUSUF:
   Bedanya: Saya yakin bahwa TIDAK SEMUA TULISAN SAYA
   HANYA BERISI OMONG KOSONG.

BISON:
> Saya mengamati fenomena menarik di sini :
>
> 1. Indoz-net memang lebih banyak berisi OMONG  KOSONG.  Namun
> karena hal itulah saya justru  tertarik di  milist ini. Sebabnya, hidup ini
> sudah terlalu serius dan   penat   dengan   research,   thesis,   course,
> domestic problems, national economic   dan   rumor-rumor berat  yang
> sering anda forward itu dari Indopubs, Siar, TNI Watch, dsb (yang pada-
> hal, orang-orang bisa membacanya sendiri, tidak  perlu   di'pegangkan'
> sama Bung Yusuf. Tapi kalau memang suka 'megangin'  buku     untuk
> dibaca orang lain, ya itu namanya baiiik..banget)

YUSUF:
   Bung Bison, saya mem-'forward' berita dari sana sini ke Indoz-
   net seperti yang dilakukan oleh beberapa teman saya di Indoz-
   net, semata-mata   didasarkan pengalaman yang saya alami
   bahwa justru karena  "hidup sudah terlalu serius" dan seterus-
   nya  sehingga terkadang ada teman-teman kita di Indoz-net tidak
   punya waktu  untuk mengutak-atik "Indopubs, Siar, TNI Watch,
   dsb".

   Jelasnya,  saya menurut pikiran saya cukup selektif dalam mem-
   'forwarded'kan berita ke Indoz-net   dimana   saya pribadi yakin
    bahwa: TIDAK SELAMANYA "Indoz-net memang lebih banyak
    berisi OMONG  KOSONG" seperti yang ungkapkan oleh Bung
    Bison ("Dermawan Wibisono") dan dirasakan Mr. Freek Huskens
    yang telah 11 tahun  di Indonesia dan  entah berapa tahun   ter-
    jebak di Indoz-net   tanpa  mengetahui SIGNOFF dari Indoz-net
    yang menurutnya: "begitu   banyak  omong kosong daripada di
    mail list ini".

BISON:
> [...]
> tetapi giliran kena kritik, blingsatan. Bener. Coba buktikan. Saya pernah
> mencoba hipotesis ini ke Jusfiq Hadjar yang aktif di Indopubs itu. Muarah
> bukan alang-kepalang. padahal beliau biasa memaki. Dan saya tidak me-
> makinya. Dan banyak yang lain yang setipe, semacam Yu Noor Rachmani
> yang dulu di sini. Saya   suka   dengan   kritiknya   yang   srampang sana
> srampang sini, karena dengan begitu   mudah     pula   menyrampangnya.
> Tapi dia adalah satu satu inspirasi terbesar tulisan-tulisan saya di sini. Apa

YUSUF:
   Bung Bison, saya tidak tahu jelas siapa yang mengucapkan
   untuk pertama kali kata-kata: "IT IS EASY TO BE CRITICAL
   THAN TO BE CORRECT" (Tolong  dilengkapi   kata-katanya
    kalau SALAH plus sebutkan nama orang yang menulisnya).
   Tapi itulah kenyataan yang ada dan tersirat dalam tanggapan
   anda tersebut diatas.

BISON:
> [...]
> yang 'Okey punya' maka yang   keluar   dari   orang   lain  adalah :
> Brilliant !   genius  ! smart !   Tapi   giliran   tampak   'megada-ada'
> maka responsenya adalah : Gendheng, nyleneh, mokal, sableng.
> Tapi ya nggak masalah. Selamat bereksperimen. Soalnya, kalau
> dunia hanya diisi oleh orang-orang  yang seperti  M. Yusuf, Umar
> Wirahadikusumah, dsb ya seeepiii....nyeyet. Hanya yang menjadi
> problem besar, kalau dunia ini diisi oleh Ruhut Sitompul semua......
> Susahnya adalah :...menyediakan   karet   gelang buat   mengucir

YUSUF:
   Bung   Bison, kalau di Indoz-net banyak orang yang berpikiran
   seperti anda plus RELA  meluangkan sedikit waktu saja untuk
   tidak menulis banyak tulisan yang TIDAK OMONG KOSONG
   tanpa hanya men-'forwarded'kan berita dari sana sini  seperti
   yang dilakukan   oleh saya dan beberapa teman-teman  saya
   di Indoz-net, maka saya yakin Mr. Freek Huskens tidak akan
   menyatakan: "Dalam 11 tahun di Indonesia saya belum pernah
   baca begitu  banyak omong kosong daripada di mail list ini".

   Selamat berkontribusi tulisan-tulisan yang 'Okey punya' ke
   Indoz-net dan   saya   (Yusuf L. Henuk) akan belajar  lebih
   banyak lagi dari Bung  Bison ("Dermawan Wibisono").

Yusuf L. Henuk

Kirim email ke