Aih juragan beras baru nongol... :)))

Naga-naganya nggak sukses nih instalasi SIDI NA rrrrrr...,
gimana, yg nongol logo apel ato pisang? Hi..hi..hi...

-----Original Message-----
From: is-lam-boun...@milis.isnet.org [mailto:is-lam-boun...@milis.isnet.org]
On Behalf Of Bango Samparan
Sent: Friday, March 06, 2009 6:41 PM
To: is-lam@milis.isnet.org
Subject: Re: [is-lam] Dinar Emas Sebagai Alat Jual-Beli di Indonesia

Pertama harus dipahami dulu bahwa dinar yang sering dipromosikan mas Nizami
tersebut, pada dasarnya belum bisa dianggap sebagai uang. Posisi dinar dalam
konteks yang semacam itu, ya tetep emas sebagai komoditas.

Nah tentang harga dinar dari hasil panen 14 ton, yang ditanyakan mas Nung
itu, bisa dijawab sbb:

akhir tahun 2008 --> 14 ton padi

misalnya harga per kuintal pada 2008 adalah Rp 120.000
maka nilai 14 ton padi adalah:

14 x 10 x 120.000 = Rp. 16.800.000

untuk menjadi dinar, ya harus dilihat kurs dinarnya, misalnya 1 dinar = Rp.
100.000
maka nilai panen dalam dinar:

16.800.000/100.000 = 168 dinar

akhir tahun 2009 --> 14 ton

kalau harga patokan per kuintal tidak berubah, dan kurs dinar juga tidak
berubah, nilai panen dalam dinar ya tidak berubah, tetap 168 dinar. Tapi
kalau berubah, ya nilainya berubah, rumusnya:

14 x 10 x (120.000 + dh) = 16.800.000 + 140dh

misalnya kurs dinar berubah menjadi 1 dinar = Rp. 100.000 + dd, maka nilai
panen dalam dinar:

(16.800.000 + 140dh)/(100.000+dd)

nah, jadi nilai dinarnya akan sangat bergantung pada dh (kenaikan harga
patokan panen/kuintal) dan dd (kenaikan kurs dinar). dh dan dd pada pokoknya
akan dipengaruhi oleh dinamika permintaan dan penawaran atas beras dan
dinar. Misal dh = 10.000, dan dd = 30.000 maka nilai dinar:

[16.800.000+ (140 x 10.000)] /(100.000 + 30.000) = 140 dinar

Kondisi akan berbeda kalau dinar sudah menjadi standar moneter (rupiah
dihilangkan diganti dengan dinar). Rumusnya bisa seperti:

akhir tahun 2008 --> 14 ton = x dinar
akhir tahun 2009 --> 14 ton = x dinar atau 14 ton = [x + y] dinar

nilai panen dalam dinar kini lebih tergantung pada dinamika permintaan dan
penawaran beras. Yang jelas, sudah tidak bergantung lagi pada kurs dinar
terhadap rupiah.

Di milis ekonomi nasional, saya dan mas Nizami diskusi ramai tentang wacana
emas sebagai standar moneter, sayang kami belum sepakat dalam banyak
persoalan:-)

Mas Nizami, mohon dipikirkan dengan sangat nih, kalau panjenengan sekarang
menjual jasa atau barang dan njenengan minta dibayar dengan dinar. Apa ini
malah tidak makin menyengsarakan umat?

Bukankah dinar (emas) untuk saat ini adalah termasuk barang mewah. Bukankah
dengan demikian banyak yang tidak bisa mengaksesnya karena anggota umat ini
banyak yang miskin dan masih dihargai nilai tambahnya dengan rupiah. Jadi
dengan penyelesaian gaya dinar panjenengan itu, bukankah itu malah makin
menyengsarakan mereka? Rasanya panjenengan tidak bisa secara sederhana
menyatakan, "salahkan pemerintah dong, yang tidak mau menggunakan dinar
sebagai alat bayar", karena kita tahu bahwa solusi yang semacam ini tidak
mungkin diambil pemerintah bahkan dalam jangka waktu yang sifatnya jangka
panjang.

Salam hangat
B. Samparan