From: Dewa Gede Permana <dewagedeperm...@gmail.com>
Sent: 19 March 2009 19:00
To: is-lam@milis.isnet.org
Subject: Re: [is-lam] agnostik itu apa ya?

kalo gak salah itu kira-kira paham yang menganggap bahwa Tuhan
(kebenaran yang Mutlak) tidak mungkin dapat dijangkau oleh pikiran
manusia, dan biasanya ini mendorong seseorang menjadi putus asa
mengenai kebertuhanan dirinya sendiri.

Nurut saya dalam tataran berfikir filosofis bisa saja ini terjadi
demikian. oleh karena adanya kecenderungan akal pikiran untuk
men-dzhohir-kan obyek-obyek pikirnya termasuk yang bersifat ghaib
sekalipun. Tuhan adalah Sang Ghaib, Maha Suci, maka memahamkannya pun
seharusnya dengan apa-apa yang ghaib dan suci di dalam diri manusia.
Saya rasa inilah yg sulit dilakukan oleh pola berpikir agnostik
tersebut. Jadi meskipun diyakinkan bahwa "Tuhan itu dekat"; agnostik
tetap tidak dapat melepaskan persepsi "dekat" ini dalam konteks non
fisik (bathin).... wal akibatnya dianggaplah Tuhan itu sebagai jauh,
nunjuk ke atas lah, pokoke antah-berantah gitu..

demikian sekilas info... :)

:)
salam hangat