Kalo Rasulullah kan dawuh nuntut ilmu itu sampe ke liang lahat kan ya,
dan itu pun ditujukannya ke semua manusia tak peduli suku dan bangsa.
Gusti Allah pun mewajibkan setiap manusia menuntut ilmu, serta pula
memerintahkan manusia untuk berlomba-lomba dalam hal kebajikan.
Seperti kita ketahui keadaan qalbu bathin itu kan bolak-balik ya,
berubah-ubah, setiap diri merasakan seperti dibanting sana banting
sini, sampai menemukan posisi (kestabilan) tertentu yg lebih baik.
Namun kemudian dibolak-balik lagi oleh Sang Pembolak-balik utk
menempati posisi/maqam berikutnya... begitu seterusnya.

Jadi kalo disimpulkan sebetulnya yg namanya perjalanan hidup ini
(pergerakan dari satu maqam ke maqam berikutnya) memang tak ada
istilah akhir, terkecuali sudah menemui ajalnya. Sehingga jika ada
orang yang terburu-buru mengatakan "saya telah sampai" maka justru ini
malah menggambarkan masih adanya hijab atas pengetahuannya tersebut.
Sungguh tidak ada istilah "selesai" dalam perjalanan, sebagaimana kita
lihat contoh diperjalankannya Rasulullah dalam miraj dimana beliau
pada akhirnya kembali turun ke umatnya. Begitulah saking welas asihnya
beliau SAW ini kepada umatnya. Hanya Rasulullah SAW saja yang
diperjalankan hingga langit ke tujuh, sementara Rasul-rasul yang
lainnya tidak pernah saya temui kisahnya mengalami hal yang sama
seperti Nabi Muhammad. Begitulah Gusti Allah sedemikian meninggikan
umat Islam melalui napak tilas Rasulullah SAW hingga beliau
benar-benar menjalankan fungsinya sebagai rahmatan lil 'alamin. Jadi
kalo dipikir-pikir lagi sebetulnya Islam itu kurang apa lagi sih?

Mungkin ada rekan-rekan lainnya yg mungkin lebih pas dalam menjelaskan
fenomena perjalanan hidup ini.... monggo wae lah di share.

:)

Salam hangat