At 16:14 08/11/2004 +0700, Jonny Hidajat wrote:

> [...]
>mau dikirim dari manapun, semua sms akan melewati yang namanya "gateway"
>provider, dan kalau lewat gateway tsb. semua sms pasti kena charge, ngak
>peduli mau dikirim dari atas gunung atau dari dasar laut (itu kalo bisa..
>heheh..)..
>lagipula tidak make sense kalo orang masih bisa kirim sms dari ketinggian
>puluhan ribu kaki. kecuali ada menara transceiver yang setinggi itu, karena
>pada prinsipnya transmisi sinyal HP dari sebuah handset itu tidak mungkin
>bisa terjadi kalau menara transceivernya lebih rendah dari handset itu

bisa, tapi telepon satelit. yang ditonton sama orang itu sepertinya air
force one, harrison ford pake telepon satelit.

>sedangkan mengenai pom bensin... akan diperlukan power yang sangat tinggi
>untuk bisa sampai mengacaukan bacaan meteran bensin... so... terserah Anda
>mau percaya siapa.... (basically i think it is just some hoax)

itu lebih karena ESD, electro static discharge, kita setiap hari bisa
mengalaminya. ingat kenapa penggaris plastik yang digosok-gosok di rambut
bisa membuat rambut berdiri menempel pada penggaris? itu karena adanya
perbedaan jumlah elektron antara rambut dan penggaris, yang mengakibatkan
rambut menjadi "tertarik" ke penggaris. kalau beda jumlah elektron cukup
besar, bisa terjadi kilatan listrik yang terjadi akibat lompatan elektron.

--
Even if I was banished to the darkest place,
my love will never let me be a lonely spirit