well saya cuma mo kasih comment :
first, saya sudah nyari di buku2 tidak ada yg bahas sampai tuntas perbedaan
antara data administrator dan database administrator sekalipun ada hanya
sedikit saja
second, saya sudah cari di search engine dan hasil yg saya dapat tidak semuanya
sesuai dengan keinginan saya karena alamat situsnya harus saya bisa
pertanggungjawabkan untuk daftar pustaka diskripsi karena itu saya tidak bisa
menggunakan hanya opini atau pendapat pribadi, makanya saya tanya ke milis ini
untuk siapapun yg telah menjawab pertanyaan entah itu senior ataupun junior
entah memberi saya sedikit atau banyak informasi bagi saya tidak masalah, saya
ucapkan banyak terima kasih....

Syarif Lumintarjo <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

Wah topic menarik nih... Mari kita bahas...

On Thu, 30 Dec 2004 08:09:04 +0700, Volvin wrote:

> Menanggapi salah satu jawaban dari pertanyaan yang telah disebutkan,
> saya ingin sedikit berkomentar, maaf apabila saya menyinggung tetapi
> bukan itu maksud saya dan maaf ini sedikit out of topic dari subject
> yang tertera.

No problemo, mari kita diskusikan, karena apa yang saya lakukan
bukannya tanpa dasar tapi ada dasarnya, boleh dong bung admin...

> Apabila kita memiliki pertanyaan2x tentulah untuk mendapatkan jawabannya
> (terlebih lagi bagi saya pribadi) akan mencoba mencarinya di referensi2x
> yang bisa saya temukan seperti di buku2x ataupun artikel2x maupun (saya)
> mencarinya dgn menggunakan search engine yang banyak sekali terdapat
> pada internet.

Bagaimana anda sudah memastikan orang tersebut mencari di buku2 ato
search engine? sedangkan dalam e-mail beliau tidak ada kata2 yang
menyiratkan hal tsb.? Menurut pengalaman saya ber-email-ria, orang
yang sudah berusaha mencari tapi nggak nemu ato nggak dapet pasti
bilang "saya sudah googling tapi bingung", atau "saya sudah baca tapi
nggak ngerti", atau juga "kalo googling pake keyword apa ya?"

> Lalu apabila (saya) masih bingung atau tidak puas dgn
> jawaban yang saya cari, saya akan bertanya pada orang yang
> (katanya/menganggap) lebih "senior" untuk mendiskusikan hal2x yang saya
> pertanyakan.

Nah dalam hal ini anda sudah berasumsi dan menarik kesimpulan yang tak
berdasar, anda sudah menarik kesimpulan bahwa beliau (sdri. prita
sari) sudah mencari dan kurang puas dengan jawaban yang ada? Darimana
anda tau hal tsb.? Anggapan bahwa anda melempar jawaban ke forum ini
kepada orang2 yang lebih senior pun agak aneh terdengar? (1) anda yang
menganggap saya senior atau (2) saya yang menganggap diri saya senior
atau (3) katanya saya menganggap saya senior?

Nggak tau nih...

> [...]
> karena saya yakin saudari bukanlah tipe orang yang harus disuapi oleh
> ilmu untuk maju, tetapi saudari akan mencarinya sendiri dari referensi2x
> dan mendiskusikannya serta akan berpikir kritis dalam mensikapinya.
> Jadi saya pribadi kurang suka apabila di dalam sebuah milis terdapat
> seseorang yang bertanya dan ada jawaban2x yang menyuruh untuk mencari di
> search engine (googling), karena itu bukanlah inti tujuan milis ini saya
> harap. Maaf bila perkataan saya memancing amarah/dengki, tetapi saya
> berusaha untuk mensikapi segalanya dgn kritis dan dewasa, Terima kasih.

Nah, sekali lagi, anda terburu2 menarik kesimpulan... Anda tidak tau
betul apakah sdri. Prita Sari sudah mencari referensi atau belum? Apa
dasarnya?

Ok, sekarang saya akan menjelaskan kenapa saya memberikan jawaban singkat...

Di Internet terdapat banyak tools yang powerfull, boleh dikatakan "apa
sih yang nggak ada di internet?", informasi apa aja ada... Tapi,
kadang2 kita tidak tahu bahwa informasi itu ada. So... diciptakanlah
search engine... Tapi ada yang harus anda ingat adalah bahwa Search
Engine hanyalah "Tools", Ingat itu... Sebenarnya bukan search
enginelah tujuan kita, tapi informasi hasil dari search engine yang
kita inginkan. Dalam perkembangannya search engine spt. google sudah
sangattttttttt canggih dan cepat. Namun seperti hakekatnya tools,
dapatkah tools berguna tanpa anda pelajari?? Non-sense... nggak
mungkin anda dapatkan roti panggang jika anda nggak bisa ngidupin
toaster? Nggak mungkin anda mancing ikan tanpa pancingan?

Jadi, saya lebih baik memberikan pancing daripada langsung kasih
ikannya? Lha memang ada sebagian orang yang memang lebih senang
'instant' jadi langsung ikannya saja... Kalo anda punya pancingnya,
sedangkan ikannya habis anda bisa mancing lagi untuk mendapatkan ikan,
tapi kalo saya kasih ikannya, ntar kalo ikan sudah habis anda minta
ikan lagi... apa nggak repot tuh? Mungkin maksudnya memanjakan tapi
ntar nggak mandiri dong...

> Kembai ke pertanyaan dari saudari prita sari, saya menginterpretasikan
> data admin itu layaknya seorang data manager yang bertanggung jawab atas
> data2x yang terdapat dlm sebuah organisasi, sedangkan database admin
> lebih bertanggung jawab pada "penampung" data tsb; walaupun terkadang
> sebuah job title itu terkadang tidak merepresentasikan pekerjaannya.
> Mungkin rekan2x ada yang dapat menambahkannya? Terima kasih

nah, bagaimana jika anda coba dulu link google yang saya berikan:

http://www.google.com/search?hl=en&lr=&q=define%3Adatabase+administrator

akan muncul beberapa jawaban sedangkan anda cuman bisa kasih 1
jawaban? Ok, mungkin anda blum tau fitur google yang satu ini, kalo
begitu silahkan buka:

http://www.google.com/help/features.html#definitions

Besok2 kalo Sdr Prita Sari mau cari definisi frase atau kata yang lain
bisa nggak kira2 beliau mencari sendiri? Karena saya memberikan 'cara
pakai tools' dan bukan jawabannya? Berapa lama waktu yang sdri. Prita
buang untuk sebuah penantian jawaban dari anda? Sedangkan dengan
google nggak sampe 30 detik?

Ohh, ternyata setelah Sdr. Prita Sari buka website tersebut, beliau
masih juga belum mengerti atau bingung... Nah, kalo sudah sampai tahap
ini mari kita diskusikan bersama... berarti sudah ada usaha tapi blum
dapat jawabannya, berarti sudah usaha... Yang penting usaha dulu... ya
to?

Saya tunggu pendapat dari anda dan lainnya.

> My 10 cent Opinion,
> Volvin Irawan

...del...