From: Harnanto [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Monday, January 31, 2005 19:00
To: ITCENTER@yahoogroups.com
Subject: Re: [ITCENTER] Bagaimana cara mengatasi virus........

Indra Tanuwijaya wrote:
> Saya lagi bingung berat, gimana caranya mengatasi virus yg selalu
> menghantui linkungan kantor saya, atau ada cara nggak biar virus tidak
> bergentayangan di lingkungan kantor.
>
> Apakah peralatan yg saya perlukan, misalnya apa kantor saya perlu
> firewall, kalo perlu, cukup nggak pakai firewall yang hemat seperti
> firewall dari linux. Trus peralatan apa lagi ya.......Kalo bisa sih
> yang hemat2x gitu, karena di kantor gw investasi-nya di IT agak
> kurang......

Kalau soal firewall itu sih mutlak harus ada. Itu adalah perangkat nomor
satu yang harus didahulukan. Pakai yang Linux saja (banyak pilihannya)
sudah cukup untuk bisa mengontrol jaringan anda.

Setelah firewall anda bangun maka policy/rule yang paling aman adalah
menutup semua koneksi ke internet dan anda buka satu saja untuk proxy
server (pakai squid saja, yang paling top). Jadi semua user tanpa
kecuali cuma diperbolehkan browsing melalui proxy tersebut. Terserah mau
diset tranparent proxy supaya user nggak perlu seting atau untuk tahap
awal coba seting manual saja di tiap komputer user (kali aja anda masih
belum familiar dengan Linux/kesulitan seting transparent proxy). Kalau
mau gampang install squid proxy pakai Mandrake Linux saja. Manajemennya
nanti bisa pakai browser (webmin).

Satu rule lagi yang perlu adalah buka akses port 25 dan 110 hanya untuk
dari dan ke mailserver saja. User jangan diperbolehkan kirim langsung ke
SMTP di luar.

Kemudian untuk antivirus rekomendasi saya adalah TrendMicro OfficeScan
Corporate versi yang paling baru (download dari
http://www.trendmicro.com). Dari web manajemennya kita bisa mengatur
jika sedang ada penyebaran/serangan virus dari salah satu komputer maka
semua komputer klien yang sudah menginstall OfficeScan client kita
aktifkan port blocking (bisa diset port berapa saja yang perlu ditutup)
dan mematikan sementara fasilitas sharing antar komputer jika perlu.

Dulu TrendMicro OfficeScan lebih murah daripada Symantec AV. Tapi
sekarang memang lebih mahal dan ternyata memang lebih bagus dan mudah.
Kalau Symantec AV meskipun baca bukunya belum tentu bisa ngeset web
deployment-nya. Sedangkan TrendMicro saya sendiri sama sekali tidak
perlu baca manualnya untuk bisa instalasi sampai selesai.