Hi milisers!

Saya punya masalah sama Compaq Deskpro, Pentium III, RAM 256MB, Award BIOS.
Cerita awalnya tuh Compaq tiap kali booting selalu muncul error "CMOS checksum
error - defaults loaded" Trus ada pilihan F1 / F10. Saya coba ganti batere
CMOS-nya tetep aja masalah itu muncul. Cari2 s/w flushing Award BIOS dapet
beberapa, tapi tidak satu pun yang dapat mengatasi masalah itu. Akhirnya
iseng-iseng saya install Mandrake Linux 9.1 (Bamboo). Ajaib! Masalah CMOS
langsung lenyap...

Udah seneng booting bisa normal lagi, saya ingin menginstall Windows XP lagi.
Setelah CD booting dari CD instalasi WinXP dan pilihan install saya enter,
eh... bukannya nginstall WinXP, tuh Compaq malah ribut (Reboot) !>_<! Udah coba
gonta-ganti CD instalasi dari yang OEM sampe yang "GPL", dari WinXP sampe Win98
tetep aja gak mau.

Trus saya coba install WinXP dari Compaq laen yang identik trus HDD-nya saya
pasang di Compaq yang bermasalah. Windows bisa startup... tapi pas muncul
halaman login tuh Compaq langsung restart lagi... Saya udah coba ganti memori n
tukeran BIOS ama Compaq yang laen tetep aja...

Ya udah, akhirnya saya coba install Mandrake lagi, lancar-lancar aja sampe
sekarang... Well, kira-kira masalahnya di mana ya? Soalnya k-lo pake Linux di
kantor jadi kurang bisa digunakan karena sebagian besar program yang digunakan
u/ kerjaan Windows based.

Terima kasih atas perhatian dan respon dari rekan-rekan milis semua.

Salam,

ARDIANSYAH