From: Acenk Asmara [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Tuesday, February 08, 2005 7:53 AM
To: ITCENTER@yahoogroups.com
Subject: Re: [ITCENTER] LAN > 100 m

Agung Darmawan, ST wrote:

>dear IT-ers...
>
>saya mau tanya, apa benar jarak maksimum kabel UTP adalah 100 meter?.
>kira2 kalau misalkan kabel yang digunakan lebih dari 100 meter efeknya
bagaimana?.dan solusi lainnya bagaimana?.
>terima kasih.

Itu memang teorinya pak.. UTP support sampe 100 meter namun sebenarnya
di paksain sampe 150 meter juga masih Ok kok dengan kondisi kabel
menghubungkan PC ke HUB (tergantung kwalitas si kabelnya juga). Tapi
saya ada pengalaman menggunakan UTP sepanjang 400 meter masih Ok-Ok aja
(walau sedikit lambat rasanya) cuman penggunannya antar ujungnya pake
back to back modem kalok dari hub di tarik ke PC saya jamin pasti wafat
koneksinya.. :D