Mungkin yang lain juga belum punya pencerahaannya untuk kasus yang satu itu.
Karena aku sendiri juga beberapa kali ngalami hal seperti itu dan belum
punya pencerahannya sampai sekarang.  :-)
Untuk menjawab semua pertanyaan kamu, semua distro bisa digunakan tetapi
untuk system yang lebih stabil  kamu bisa gunakan Distro REDHAT atau SUSE,
mereka user friendly apalagi yang versi-versi terakhir (Kalau mau
tampilannya seperti win XP bisa diinstall XPDE, tapi aku belum pernah
berhasil installnya dan belum sempat coba lagi.), instalasi dan konfigurasi
mudah karena menggunakan Grapichal User Interface (GUI),  fasilitas
automount untuk mengakses cdrom dan floppy, fasilitas entertainment Ok,
driver built in support banyak hardware termasuk untuk printer berbasis IP.
Untuk aplikasi, Openoffice dari segi tampilannya sudah menyerupai MS Office
dan kompatibilitasnya dengan MS Office juga bagus.
Untuk browser jika desktop environment-nya KDE, ada browser built-in
Konqueror browser kelihatannya support SharePointPortal.
Untuk sharing file dan printer semua distro menggunakan samba dan
Linneigborhood untuk GUI-nya.
Untuk software tambahan kamu bisa download di http:\\www.rpmfind.net,
semuanya berbentuk paket rpm. Atau kalau nggak dapat software yang dicari
mungkin aku punya dikoleksi aku, bisa aku kirim via japri. Dan untuk milis
komunitas linux kamu bisa join [EMAIL PROTECTED], [EMAIL PROTECTED]
com.

Regards,

MARTIN B.
081316238022