Hi Ardiansyah..
Saya coba bantu
--- ARDIANSYAH <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Hi milisers!
>
> Minta ilmunya tentang Windows Server 2003 donk.
> Selama ini saya cuman pake WinServ2003 di server
> Compaq Proliant ML-150 (Pentium III) - bekas - buat
> web server ama DHCP server aja. Untuk yang lain-lain
> banyak yang belum tahu... Misalnya...
>
> 1. Gimana sih cara bikin network domain dan apa saja
> keunggulan network dengan domain? Kondisinya
> sebagian besar client menggunakan Windows XP Prof
> dan beberapa Windows 98. Mohon petunjuknya...

di windows server 2003 lakukan Domain Controller
Promotion (DCPROMO) dari command-line, start-run:
DCPROMO. Syarat utama buat domain, harus ada DNS.
Disarankan pake DNS nya windows (krn bisa Active
Directory Integrated).
Setelah selesai, baru setiap client join-kan ke domain
tsb. Untuk Windows 98, saya sarankan upgrade ke
winxp/2k, krn ada beberapa hal yang gak support. Lihat
helpnya, untuk masalah ini

> 2. Apa yang dimaksud dengan Active Directory? Apa
> keunggulannya? Bagaimana tata cara dan segala tetek
> bengeknya? Bener-bener gak ngerti nih... hampa...

Active Directory (AD), adalah Directory Service (DS)
yang ada di Windows. Sama seperti DS yang lain (mis:
UNIX Kerberos Realm, dll) tujuannya adalah
mengumpulkan semua resources network (object) mis:
komputer, user, groups, dll, dlm domain dengan
struktur tertentu shg memudahkan pencarian,
midifikasi, mengakses dr komp lain, dlsb.
Kalo dijelasin terlalu panjang, nanti malah boring,,
hhehe.. krn ini di Microsoft dijadiin satu Modul
Course yang menghabisakan waktu 1 minggu. Jadi... ikut
aja coursenya.. hahaha (kidding)

> 3. Saya coba install SUS server di WinServ2003, tapi
> kok malah web-ku yang pake ASP jadi berantakan
> (banyak error)? Apa penyebabnya? Akhirnya saya
> pindah web tsb ke web root laen yang gak terinstall
> SUS, dan semua kembali lancar...

Seharusnya itu tidak ada masalah, krn SUS dan Web yang
kamu bikin walaupun menggunakan IIS (Web Server) yang
sama, tapi mempunyai application pool yang berbeda.
Lagi pula, SUS server menggunakan ASP.NET. Sedangkan
Webstite anda mugkin pake ASP aja. Itu jelas enginenya
beda. cobapastikan 2 2nya sudah di add dr add/remove
Widows Componet - Application Server.

> 4. Saya sering denger istilah RAID, sebenarnya
> makhluk apa RAID itu? Apa kegunaannya?

RAID itu adalah salah satu metoda untuk solusi
penyimpana data (dlm hal ini Hard Disk) agar bisa
Fault Tolerance dan performa tinggi serta high
availability.
Ada 2 cara solisi RAID : 1. HArdware  2. O/S
Disarankan pake yang pertama.
MS bisa menerapkan RAID di O/S dengna sarat DIsk nya
di konvert ke Dynamic Volume dulu.  yaitu : RAID 0, 1,
dan RAID 5.
Cuman di MS disebut dengan istilah : Simple Volume,
Spanned, Stripset, dan Stripset with Parity (RAID 5)

> Mohon pencerahan dari rekan-rekan. Terima kasih atas
> perhatian dan bantuannya...
>
> Salam,
>
> Ardiansyah

Oke,.
Semoga jelas dan berguna.

Salam,.

./hotma

Make Yahoo! your home page
http://www.yahoo.com/r/hs

## Jobs: ITCENTER.or.id/jobs ## Bursa: ITCENTER.or.id/bursa ##