From: ITCENTER@yahoogroups.com [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Behalf Of Yudha Ginanjar
Sent: Tuesday, May 10, 2005 10:28 AM
To: ITCENTER@yahoogroups.com
Subject: Re: [ITCENTER] AYU: Programming Language untuk Pemula

At 22:23 09/05/2005, you wrote:
>Berikut hipotesa saya:
>1. Bahasa Inggris menghambat pemahaman konsep programming.
>Mungkin tidak begitu menghambat, tapi bukankah "ULANG 10 KALI" lebih
>mudah dipahami daripada "for (int i = 1; i <= 10; i++)" ?
>Dari SD sampai SMA, kita diajarkan Fisika, dll dalam bahasa Indonesia.
>Kenapa tidak mengajarkan programming dengan programming language yg
>berbahasa Indonesia?

Hemm ... hipotesa ini agak rancu juga menurut saya
bahasa pemprograman itu ada unsur UNIVERSAL dan harus di mengerti semua
orang

sama halnya seperti matematika, dan di setiap bahasa ada padanan katanya
misalnya : klo di matematia ada bentuk : {x| x>2 AND X <> null }
ini di baca dengan : X sedemikian sehingga X lebih besar dari 2 dan X tidak
sama dengan null
so, ketika di terjemahkan kadang agak sulit juga memahaminya nanti

Atau anda sudah survey *dengan data real tentunya* tentang pemahaman dari
bahasa pemprograman ini ?

>2. Programming language yg dipelajari terlalu kompleks.
>Di beberapa universitas, programming language Java diajari kepada
>mahasiswa semester pertama. Well, ini OK-OK saja selama mereka punya
>pengalaman programming sebelumnya. Yes, we are all proud to have
>learned programming since the age of 10, tapi banyak yang tidak
>mempunyai pengalaman.

Hal ini umumnya karena salah kaprah :)
biasanya dengan embel2 supaya bisa mengejar ketinggalan atau mengejar trend
saja.
dan yg seperti ini terjadi di setiap jenis pendidikan yg ada di indonesia.
Idealnya di tingkat awal, yg harus di ajarkan adalah pola pikirnya
mungkin dianggap dengan menggunakan java bisa

>Saya kaget ketika teman saya yg belajar Farmasi
>menanyakan ttg buku Pascal kepada saya. Loh, wong orang Farmasi koq
>belajar programming?

Pascal itu di buat untuk belajar pola pikir program, dan memang di ciptakan
utk belajar buat program
Nah Pola pikir inilah yg utama. Pola pikir yang terstruktur
Mungkin ada alat di Farmasi yg seperti CNC ? yang harus di program dulu :D
jadi yg di pelajari lebih ke dasar programming dengan bantuan pascal
dan sepertinya enggak sampai ke pascal graphic :)

>Orang yg tidak mempunyai pengalaman programming seharusnya dilatih
>agar "programming mode"-nya menjadi "on". Ketika "programming
>mode"-nya sudah "on", dia bisa mengambil buku programming language
>lainnya seperti C, VB, dll dan belajar dengan sendirinya.

PASCAL awalnya di ciptakan untuk belajar bhs programming
*ini sebab kenapa Mpu Gondrong, menyarankan dasar dari pembuatan AYU adalah
pascal :)

# Yudha Ginanjar
# www.cluster.web.id

## Jobs: ITCENTER.or.id/jobs ## Bursa: ITCENTER.or.id/bursa ##

## Jobs: ITCENTER.or.id/jobs ## Bursa: ITCENTER.or.id/bursa ##