sys_op123 wrote:
> Yang mana yg gak konsisten mas?
> Kalo di email itu emang saya tulis buat programmers, makanya ada
> istilah2 inggris nya. Maksud saya, kalo nanti mereka mau ngajarin
> programming ke anak SMP/SMA, kan bisa AYU, wong smua mata pelajaran
> mereka (kecuali Inggris) aja pake bhs Indo.
>
> Pascal? Emang kenapa pake produk dalam negeri (made-in-Indonesia)? Gak
> pede banget yah pake program buatan mahasiswa... hehe =)

Anda akan kaget melihat bagaimana cepatnya anak-anak TK dan SD belajar
bahasa program dan aplikasi (yg berbahasa inggris), saya sendiri pernah
ngajar anak-anak TK - SD - SMP - SMA (di Widyaloka periode 1988-1995 -
No GUI boo), aneh bahwa bahasa inggris di program/aplikasi tidak masalah
buat mereka :)

Satu lagi ... tidak ada jeleknya belajar bahasa Inggris, malah sangat
jelek kalo cuma bisa berbahasa Indonesia.

CMIIW ... kalau mereka tidak (mudah) paham, pengajarnya yg salah.
My point is, tidak masalah native language di bahasa program yg dipakai,
yang penting bagaimana kita membuat mereka paham.

> Loh, emang yg ngajarin C and Java siapa? =) Ide awalnya sih waktu saya
> inget diajarin GW-Basic di Primary 5 (SD kelas 6) di ln. Jadi pgn
> ngajarin anak2 programming juga. Of course buat general knowledge aja,
> gak semua teman2 saya sekelas GW-Basic dulu yg jadi programmer koq..

Oww pernah pake basic yah ... ingat KILANG? ini juga bahasa program
berbahasa Indonesia ... pernah dengar lagi sekarang? ;)

Mengajar programming beda dengan mengajar coding, menterjemahkan baris
code ke bahasa indonesia bukan solusi mengajar programming tapi lebih
mengindonesiakan coding nya saja, karena alur program yang harus
dihafalkan tetap sama, dan syntaks yang harus dihafalkan tetap sama,
cuma berubah bahasanya saja.

No Offense, saya tidak punya maksud nge-bashing bahasa program AYU anda,
malah bagus kalau bisa ada program seperti itu, tapi kalau tujuannya
seperti yang diatas ... mungkin agak kurang kena.

--
rumy

## Jobs: ITCENTER.or.id/jobs ## Bursa: ITCENTER.or.id/bursa ##