Mungkin anda perlu ngambil kuliah Perencanaan dan Perancangan Produk dan
kuliah Manajemen Produk..
just kidding..  ;-)

Pertama..cieelaa.. ;-)
Dari sisi produksi:
- software produk anda termasuk mass-pro (bisa diimplementasikan di banyak
tempat dgn minimum konfigurasi)?
  Kalau iya, harus dibuat rencana penjualan dan pasarnya, sampai kapan balik
modalnya, sampai qty penjualan berapa untungnya..dst.
- software produk anda user-tailored, ini mirip tukang jahit. Kalo itu
produk umum, ada range harga standar biasanya. Tapi ada levelnya, anda bikin
jas di Kwang-Tung dengan di Fadhlan, atau di Kramat Jati, pasti beda.. ;-)
  kalo itu bukan produk yang umum, margin keuntungannya bisa ngambil lebih
tinggi (teorinya).

Dari sisi pembeli/User:
- Nilai software produk anda kritikal, bisnisnya gak jalan kalo softwarenya
gak berfungsi. Anda tinggal mencari rasio yang proporsional antara nilai
software dan nilai bisnisnya si pembeli/User.
- Bukan software kritikal. Bisa diganti kapan saja. Untuk yang tipe ini
berarti anda harus ngasih harga yang bener2 masuk akal bagi si user.

Ini hanya sedikit gambaran saja. Use your imagination.. ;-)

TR