From: ITCENTER@yahoogroups.com [mailto:[EMAIL PROTECTED] On Behalf
Of AS Firmansyah
Sent: Wednesday, June 01, 2005 10:08 AM
To: ITCENTER@yahoogroups.com
Subject: [ITCENTER] License Suse 9.1

Dari diskusi masalah migrasi Linux ini banyak dari rekan-rekan yang
merekomendasikan Suses 9.1 karena sifatnya yang cukup user friendly.
Saya juga pernah mencicipi distro ini dan memang bener-bener enak
interfacenya namun spec hardwarenya cukup tinggi juga menurut saya soalnya

Namun yang cukup menggelitik pemahaman saya adalah masalah lisensi dari
Suses 9.1 ini, kalok Suse 9.1 Personal kalok saya baca memang di lisensinya
GPL namun banyak aplikasi yang kurang di versi Personal sedangkan untuk yang
versi Profesional sepertinya non GPL api fiturnya cukup lengkap. Banyak
website yg menjual cd Suse 9.1 Profesioanl salah satunya di Indonesia juga
ada, yang jadi pertanyaan saya bagaimana lisensi mereka yang menjual cd-cd
itu? Soalnya sama aja boong pake linux untuk menghindari lisensi MS yang
mencekik leher dengan pake distro linux yang comersil tanpa membeli secara
benar.

-asf-