Sedikit saran buat Pak Sowan (kalok dalam bahasa jawa artinya
nengok/mengunjungi). Kalok bapak mamang ingin mengarahkan pendidikan
anak ke arah dimana dia pengen maka konsep future-nya jangan Indonesia
atau Asia doank kalok perlu dunia. Itu yang pernah disampaikan oleh
expatriat asal India saat intermeso pada waktu pelatihan yang saya
ikuti. Kata dia kalok memang pengen maju berpikirlah secara global
apalagi jika kita akan terjun dibidang IT sebab IT secara global adalah
sama. Dan karena konsep itulah kenapa orang India yang expert dibidang
IT menjadi salah satu pekerja IT terbanyak di Amerika tempat dimana IT
sering berkiblat saat ini. Sama juga saat saya belajar sama salah satu
dosen ITB yang sudah keliling beberapa negara saya disuruh selalu buka
lowongan di Jobdb yang internasional jangan yang lokal Indonesia atau
yang regional asia dan lihat kualifikasi yang minta disana lalu pelajari
agar nanti bisa memenuhi lowongan itu. Sayang ajaran si dosen belum saya
wujudkan sampai sekarang.. :D

Mungkin itu sedikit masukan buat pak Sowan.

Salam
-asf-

sowan wrote:

>thank's atas sarannya.
>saya sendiri hobby dan anak saya juga senang didepan monitor,
>jadi akhirnya saya ajari.
>saya perkenalkan dgn prog language sdh 2thn,
>jadi saat ini agak bingung mau mengarah kemana.
>masalahnya ke database atau graphic,
>technical-nya agak beda.
>dan terutama bth waktu misalnya belajar vertex dan cahaya,
>ke math vektor, shadow dsb.
>(disekolah mathnya bagus dan hobby juga menggambar, namun bgmn
>future ?)
>sedang database arahnya lain ,barangkali lebih efektif belajar java?
> [...]

Web hosting 1GB space cuma Rp. 65ribu/bln
Multiple website, free domain name. http://www.rakdata.com