cepet ?
tergantung mas, sampeyan koneksinya pake apa ? lokasi juga berpengaruh,
maklum jaringan telkom di indo 'gak standar' juga..
bukan menjelek2kan telkom, tapi orang telkom, AM-nya juga kadang2 masih
berkata spt itu...

masalah cepet atau gak, juga tergantung dari network sampeyan juga, hardware
juga, dan kebutuhan akan email diperush sampeyan...
apakah email digunakan untuk sent email2 attach. besar ? atau cuma text base
aja...

selama ini...kebetulan aja.( CCIW, moga2 salah pendapatku dan tidak ada
niatan untuk menjelek2an product perush lain)

saya pernah kerja di 3 company yg beda2 email servernya :

1. exchange server 5.5 base on Win NT Server
2. sendmail kemudian ganti qmail, base on RedHat 7.0
3. MDaemon Profesional 8.0.3 base on W2K

bukan berarti aku jago, atau aku pinter menghandle server2 itu..tapi krn
keterpaksaan aja, makanya 'terpaksa' belajar semuanya...

dari yg aku lihat, dan pengalamanku, mungkin krn keterbatasanku atas ilmu
pengetahuan....ditinjau dari sisi ROI, Implementasi Cost, Troubleshooting
dll...
semuanya memang software legal dan berlisensi....

dulu, waktu pakai exchange 5.5....secara backup (yg bagus) 'harus' pake 3rd
party software untuk backup...untuk antivirus juga demikian...antivirus mail
server lho ya..bukan antivirus PC server..kadang2, perlu restart
service-nya...tapi tetep akhirnya juga lancar2 aja sih...gak ada gangguan
berarti, tapi ya
"harus siaga penuh"

dulu, waktu pake sendmail, email oke dan lancarr...tapi akhirnya diupgrade
ke qmail...lebih handal lagi dan oke...termasuk membeli license untuk
antivirus mail server, namanya RAV...eeeeeee...ternyata di akuisisi sama
microsoftt....aku jadi 'kelimpungan'...walaupun bisa diganti dengan CLAMAV,
tapi kantorku kurang yakin untuk yg free2 / open source....itu policy
kantorr...jangan salahkan aku :)
selama pake qmail, semua nyantai and aman2...memang untuk menghandle spam
'rada repot' mungkin krn akunya harus banyak belajar...

sekarang pakai Mdaemon Pro, alhamdulillah lancarr..(asumsi pake licensi
juga, ada support dr vendor)
mulai dari antivirus mail server yg integrated dg mail server...kemudian
spam assasin 3.0-nya, lalu ada content filtering, n ada Bayesian Product yg
including juga...yg "katanya bisa mempelajari email SPAM" dari luar, memang
kayaknya memang begitu, setiap midnight si bayesian itu learning spam yg
masuk ke server, dan 70-80% spam email bisa dikurangi....termasuk virus2nya
juga..
dan metode backup-nya pun sudah disediain oleh si Mdaemon yg namanya
archival method...bagusnya bisa backup inbox dan sent item dari
masing-masing usernya dari server, restorenya jg bisa milih2, tergantung
kebutuhan kita...
dan di usernya tetep pake POP untuk ambil email dan tidak mensetting leave
on server, krn serverku jangkrik dan tidak branded, krn kalo IMAP, serverku
bisa kelabakan juga tuh....

sorry kalo kepanjangan emailnya :) tapi moga2 bisa bertukar pikiran,
walaupun memang gak semuanya aku ceritain disini..ntar bisa jadi novelll
atau cerpen untuk daily operational server mailnya..krn ada2 aja masalahnya
hehhehhehe...
namanya kerja jadi kuli IT, kalo gak ada masalah, ntar ngirim2 email ke
milis terus tuh :)

salam,