sebenernya gak perlu 1 minggu sekali di host
kalo pake windows 2000 server (biarpun lisensinya GPL - Glodok Public
License) bisa memanfaatkan fasilitas RAID SOftware dari windows 2000
bisa raid 0, 1 atau 5 (HD harus diupgrade jadi dynamic partition)

untuk raid 1 atau 5, kalo 1 HD gagal fungsi, masih ada HD lain yg fungsi
dan sistem tetap berjalan

kalo pake 1 HD untuk sistem, nanti kalo HD nya rusak berarti sistem akan
mati sampai ada perbaikan
kalao pake RAID 1 atau 5, jika ada salah satu HD gagal fungsi - HD tsb
diambil dan diganti dengan HD baru - kemudian direbuild (dikonfigurasi
RAID kembali)

untuk kecepatan, RAID hardware jauh lebih baik dibanding RAID software
(saat ini yg tercepat Ultra 320)
pada server2 keluaran terbaru, ganti HD tidak perlu mematikan server -
sistem tetap berjalan dan proses rebuild juga bisa berjalan tanpa user
tahu kalau ada HD yg rusak

untuk sistem dengan fasilitas hotspare (ada HD terpasang tapi untuk
standby), jika ada HD yg gagal fungsi - maka sistem akan otomatis
memakai HD hotspare tsb dan mengaktifkannya ke dalam konfigurasi RAID
nanti tinggal lepas HD yg gagal dan ganti dengan HD yg baru - kemudian
HD baru ini di set sebagai HD hotspare

untuk RAID hardware - semua HD harus identik (sama merek, tipe dan
kapasitas)

jeffry wrote:

>Wah makasih mas, artikelnya menarik dan nambah info saya, tapi saya masih
>gak jelas nih masalah raid, maklum server saya cuma file server rakitan. dan
>kalo backup manual setiap 1 mgu skali dan ghost 1 bln skali. =p hehe.
>tolongin dong biar detail gitu :)

Web hosting 1GB space cuma Rp. 65ribu/bln
Multiple website, free domain name. http://www.rakdata.com