On Mon, 2005-07-25 at 09:39 +0700, Wiempy wrote:

> Oh begitu yach, baru tahu saya. Soalnya klo kaga dimatikan, terkadang
> listrik di kantor saya suka mati mendadak. Memang sih langsung digantikan
> dgn listrik dari generator. Klo sudah mati begitu, bisa lumayan lama matinya
> sekitar 10 menitan, baru kemudian listrik di-replace pakai generator.
> Klo UPS tdk dimatikan, dlm rentang waktu 10 menit tsb, biasanya sih UPS
> tsb akan ada bunyi yg nadanya agak panjang, setahu saya sih klo UPS sdh
> keluar bunyi tsb, UPS tsb sudah tdk kuat lagi mensuplai listrik ke kompie.
> Dlm arti klo UPS tsb tdk buru2 dimatikan, dan dibiarkan tetap hidup, maka
> [...]

well, kalo ternyata di tempat anda listriknya ternyata sering mati
sendiri di luar jam kerja dan matinya bisa lama, memang lebih baik
dimatikan saja UPS-nya kalau begitu.

BTW, itu UPS kok bisa bisanya cuman tahan 10 menit _tanpa_ beban? Jangan
jangan udah pada rusak baterenya? Atau 10 menit itu dengan beban
(komputer menyala) ?

Oh yah, solusi dari temen temen lain untuk memakai thin client yang
stateless mungkin ada baiknya ada pikirkan secara serius. Dengan
stateless thin client, yang perlu anda proteksi hanya server saja,
client mau mati juga terserah, karena kerjannya cuman "viewer" saja.
Even dengan beberapa teknologi thin client, si user bisa login dari
mesin lain dan bisa mendapatkan kembali session terakhir yang dia pakai.