---"syiwabhairawa" <syiwabhairawa@> wrote:

> Sebentar, RAID BIOS? Ini motherboardnya sudah punya kemampuan RAID
> mirror yah? (RAID 1) Boleh tahu merek motherboard dan type-nya, untuk
> tahu chipsetnya apa

Betul. Asus P4V8X-X pake VIA P4X533 north dan VIA VT8237 southbridge, RAID 0
dan RAID 1. Tapi please jgn suruh ganti mobo ya :-) Krn ini juga manfaatin
yg ada :-(

> Kalau memang kepingin punya look and feel yang sama, otomatis ya pilih
> Fedora Core 4, karena ini adalah keturunan Red Hat GPL.
> CentOS pun sebetulnya bisa digunakan untuk dekstop konservatif (laptop
> kerja saya CentOS), hanya saja pilihan software "illegal"-nya rada
> susah. Kalau macam Fedora kan dengan mudah cari xmms-mp3 buat
> memainkan MP3, Win32codecs, fonts TrueType Windows juga ada yang supply :D
>
> Otomatis CentOS dan Fedora Core akan punya kedekatan interface yang sama

Setuju.

> Nah ini saya kudu lihat dulu controller yang anda pakai apa, soalnya
> ada beberapa implementasi RAID yang sebetulnya adalah FRAID (Free/Fake
> RAID), jadi sebetulnya mengandalkan software RAID yang berjalan di
> Windows dan yang beginian pasti gak GPL :(
>
> Mungkin sewaktu anda install CentOS, bisakah anda lihat kedua disk
> anda bersamaan?

Ya. pada saat install, kedua hd udah nampak. Cuma saya nggak ngerti
konfigurasi RAID-nya. Maklum biasa di 'jendela' sih.
Sekarang-pun os udah up. Seluruh hardware ke-detect bagus. Ya itu tadi,
tinggal gimana setting raid-nya. Ada nggak yg settingnya dlm GUI?
TIA.