On Fri, 2005-08-19 at 14:11 +0700, Nurul Hidayati wrote:
> kalau banyak duit pake Exchange. Plus tambahan add on lagi seperti
> antispam dan antivirus. Bisa habis 5000 dollar lebih. Ditambah
> bandwith "katanya' sih exchage minimal 512 Kbps. Bussseeettt...

Menurut saya, tidak ada hubungan antara minimum bandwith dengan software
mail server tertentu. Perkecualian kalau anda suka MS Exchange anda jadi
sumber DDOS ketika kena worm, nah itu sebaiknya buka bandwidth lebar
lebar, biar MS Exchange anda terkenal sedunia :D

Ukuran besar bandwith ditentukan oleh jumlah transaksi email dan ukuran
dari email sendiri.

> Daripada itu mending belli server blade

Kenapa kudu server blade? Apa alasan yang membuat blade server lebih
baik daripada normal xU rack server, ataupun desktop server?

Jangan kemakan jargon marketing orang IT-lah, yang seneng bikin jargon
supaya bisa jualan. Blade server, walau bergantung pada vendornya, pada
umumnya dilengkapi dengan hard disk yang kecil (even laptop disk 4200
RPM) dan bahkan IDE. Jelas ini bukan system yang tepat untuk deploy mail
server. Dengan IDE disk, processor bisa bisa sibuk ngurusin disk control
daripada doing real job.

> dan diinstall di dalamnya
> linux fedora plus postfix/sendmail dan buat bayar bandwith. Plus hire
> linux expert buat ngajarin anda administer server.

Pernah coba Cobalt? Linux appliance, enak buat dipakai, gak perlu
trainin terlalu banyak. Sayang sudah mati.