Bicara mengenai Telkom, saya dan mungkin rekan-rekan juga mengalaminya. Coba
periksa, apakah anda masih menerima Informasi Tagihan Jasa Telekomunikasi
dan Rincian Pemakaian Percakapan Jasa Telekomunikasi dan dikenakan biaya
sebesar Rp.1,364 + Rp.660.- ?

Beberapa tahun lalu, TANPA kita minta, kita dikirimkan Informasi Tagihan
Jasa Telekomunikasi dan Rincian Pemakaian Percakapan Jasa Telekomunikasi dan
dikenakan biaya sebesar Rp.1,364 + Rp.660.-.
Memang ada informasi, kalau tidak ingin dikirim, maka kita harus mengirimkan
perMOHONan penghentian pengiriman nya, melalui fax atau datang ke Plasa
Telkom.  Hal ini saja, sudah membuktikan adanya unsur pemaksaan dan menjadi
beban pekerjaan, yang kalau kita tidak mau mendapatkan Informasi dan Rincian
tersebut, kita HARUS mengirim fax (memangnya semua pelanggan Telkom punya
Fax !) atau datang ke Plasa Telkom (memangnya semua pelanggan Telkom punya
waktu dan biaya untuk pergi berkunjung ke Plasa Telkom !)

Karena malas mengurus penghentiannya, maka saya biarkan dan sampai dengan
bulan Maret 2004, Informasi dan Rincian, masih dikirim.
Namun setelah itu, Informasi dan Rincian, tidak pernah dikirim lagi dan
tidak saya sadari. Anehnya, sampai saat ini, tagihan Informasi dan
Rinciannya itu, walaupun tidak besar, yaitu Rp.1,364 + Rp.660.-.  TETAP
ditagih.
Saya tanyakan ke 147, katanya kita HARUS datang kesana untuk menanyakannya.
Kemudian salah satu rekan saya di salah satu milis, memberikan informasi,
bahwa yang menangani Informasi dan Rincian itu adalah P.T. Datakom Media
Perdana, telp no. 021 319 00 777.  Setelah ditelepon kesana, mereka bilang
yang menangani Jakarta Utara (rumah saya berlokasi di Jakarta Utara) adalah
bukan mereka dan itu ditangani oleh P.T. Royal apa begitu, telp no. 021 8529
137, 555 3101.  Setelah di telepon kesana, merekapun bilang, merekapun tidak
menangani Jakarta Utara dan tanya saja ke 147.

Jadi, ini sepertinya, KORUPSI yang mereka lakukan, yaitu menagih biaya
Informasi dan Rincian sebesar Rp.1,364 + Rp.660.-, setiap bulan, hanya
dikirimkan untuk beberapa bulan, setelah itu, mereka TIDAK mengirimkannya.
Bayangkan, berapa besar uang pelanggan telepon di Jakarta yang mereka
korupsi dengan cara ini.

Salam.