From: Ryo Saeba <[EMAIL PROTECTED]>
Date: Mon, 14 Nov 2005 22:53:57
To:ITCENTER@yahoogroups.com
Subject: Re: [ITCENTER] Warning Bagi Pemilik Account Speedy Limited..!!!

On 11/11/05, Agung Darmawan <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> jadi belum ada ya?
> wah...bisa jadi proyekan neh.ntar gw bikin dah, versi open source sekalian
> (untuk kemajuan bangsa).amin....

well, saya cuma mau menunjukkan kebanyakan manusia nulis dengan emosi
ketimbang nalar dan akal sehat.

tapi kalo soal meteran, ya di wartel2 itu ada. cuma biasanya per call,
dan sudah ada skema diskon khusus dari telco-nya (atau ada margin buat
pengelola wartel).

masalah utama kenapa telco nggak bisa ngasih meteran adalah biaya
percakapan telpon, apalagi percakapan yang terhubung dengan perusahan
telco yang lain, tidak bisa flat ala PLN, karena ada faktor
interkoneksi yang berbeda-beda tiap telco-nya. beda kalo misalnya cuma
bisa panggilan lokal dan sesama telkom, itu mungkin bisa dipasangin
meteran.

atau, pesawat telponnya memang dibuat khusus sehingga bisa menayangkan
informasi berapa biaya percakapan yang terjadi, dan informasi ini
dikirim dari billing system telco tersebut. saya kebetulan kerja di
tempat yang punya sistem persis seperti ini, biaya panggilan bisa
dikirim lewat signalling channel, tapi itu juga telpon yang di tempat
pelanggan adalah telpon khusus, bukan telepon biasa.

--
I solemnly swear that I'm up to no good
http://data.startrek.or.id