-----Original Message-----
From: ITCENTER@yahoogroups.com [mailto:[EMAIL PROTECTED] On Behalf
Of Handoko

Dear all,
Salam kenal buat rekan2 semua sekalian mau minta pendapat mengenai wireless
LAN... Ceritanya saya dapet tugas buat setup LAN untuk kantor saya
yang ada di beberapa lantai gedung perkantoran... Nah supaya gak repot
narik2 kabel maka rencana saya mau disetup pakai wireless. Alaternatif
konfigurasi yg terpikir sama saya ada 2 :
1. Full wireless semuanya. Jadi baik koneksi antar lantai maupun
   koneksi antar PC dalam satu lantai menggunakan wireless.
2. Kombinasi wireless dan pakai kabel UTP. Maksudnya koneksi antar
   lantai pakai wireless kemudian untuk antar PC dalam satu lantai
   pakai kabel UTP biasa.
Nah saya minta pendapat nih dari rekan2 disini... mungkin ada yg sudah
punya pengalaman men-setup wireless LAN :
a. Plus-minus konfigurasi diatas
b. Apa aja yg diperlukan dari konfigurasi diatas. Sekalian deh kalau
   ada yg sudah punya pengalaman dengan produk tertentu boleh juga
c. Referensi di internet... googling sih dah pasti yach... tapi gak
   ada salahnya khan kalau ada yg sudah tahu sitenya... bisa lebih
   cepet nyarinya... :-)
d. Untuk gateway ke internetnya baiknya pakai apa ya... Linux apa
   Windows. Pertimbangan pakai Linux karena saat ini sedang gencar2nya
   sweeping HAKI, tapi kendalanya mungkin saya masih harus belajar
   banyak tentang Linux... hmm tapi mungkin bagus juga yach buat
   case.. ada pendapat?

=============
Sekedar sharing aja,
Beberapa kali saya pernah setup LAN gedung pake kabel --huffhhh capekk
banget narik2 kabelnya :D
Kalo saya sih untuk saat ini mendingan pake Konfig #2
Jadi di setiap lantai pake wireless LAN trus buat ngehubungin antar
lantainya baru pake kabel (antar AP).
Tapi diliat juga kondisi ruangan2nya kalo cuman pake sekat2 ya no problemo,
tapi kalo antar ruang pake tembok beton mmm... bisa juga sih, tapi harga
perangkat wirelessnya cenderung muahall :)
Brand yang pernah gue pake sih Linksys, lumayan tuh cuman nggak bisa 24/7

Buat OS Gateway, sebenernya nggak ada masalah mo pake Linux or Win, kalo
pertimbangannya budget (asumsi kita udah nggak mau pake bajakan), ya
mendingan pake Linux. Tapi kalo issuenya security ya tinggal rajin2 update
patch aja kok :)
Lagian nggak susah kok belajar linux.
Ya nggak Ya nggak :D

_FeRiaL_