From:Yudha Ginanjar
on : Wednesday, November 16, 2005 10:47 AM
wrote:

> [...]
>narik2 kabel maka rencana saya mau disetup pakai wireless. Alaternatif
>konfigurasi yg terpikir sama saya ada 2 :
>1. Full wireless semuanya. Jadi baik koneksi antar lantai maupun
>    koneksi antar PC dalam satu lantai menggunakan wireless.
>2. Kombinasi wireless dan pakai kabel UTP. Maksudnya koneksi antar
>    lantai pakai wireless kemudian untuk antar PC dalam satu lantai
>    pakai kabel UTP biasa.
>Nah saya minta pendapat nih dari rekan2 disini... mungkin ada yg sudah
>punya pengalaman men-setup wireless LAN :

fyi, secara teori, koneksi dengan media fisik jauh lebih baik di banding

non fisik
fisik (UTP) bisa sampai 1000Mbps, wlan saat ini yg banyak beredar di
pasaran
mentok di 54Mbps (bahkan kurang) rata2 11Mbps
Jadi tergantung kebutuhan. bisa di lihat kondisi gedung, layout office,
security dan user
Misalnya :
Untuk user yg selalu terkoneksi ke database mungkin lebih bagus pakai
UTP
sebab selain koneksinya cukup cepat
hal ini untuk menjaga tetap secure data2 yang ada di server
tapi user yg hanya menggunakan network untuk sharing file ato printer
mungkin bisa menggunakan Wireless

>b. Apa aja yg diperlukan dari konfigurasi diatas. Sekalian deh kalau
>    ada yg sudah punya pengalaman dengan produk tertentu boleh juga

Acess Point yg support bridging mode di masing2 gedung/lantai yg
berntindak
sebagai bridge
WLan Card PCI (untuk di PC), PCMCIA/USB untuk notebook kecuali
notebooknya
sudah ada wlan nya :)
Switch dan  UTP :)

>c. Referensi di internet... googling sih dah pasti yach... tapi gak
>    ada salahnya khan kalau ada yg sudah tahu sitenya... bisa lebih
>    cepet nyarinya... :-)

Di beberapa vendor alat network punya tutorial sederhana
cek di : www.linksys.com pada bagian dokumentasi

>d. Untuk gateway ke internetnya baiknya pakai apa ya... Linux apa
>    Windows. Pertimbangan pakai Linux karena saat ini sedang gencar2nya
>    sweeping HAKI, tapi kendalanya mungkin saya masih harus belajar
>    banyak tentang Linux... hmm tapi mungkin bagus juga yach buat
>    case.. ada pendapat?

Gak pakai router hardware ?  :)
jangan kelas cisco, pilih saja yg Compex, SMC, Linksys ato DLINK
selain mudah maintenance harganya juga murah :)
Untuk office yg hanya membutuhkan internet present sih cukup

>--
>Best regards,
>  Handoko                          mailto:[EMAIL PROTECTED]

Nambahin Mas Handoko saja;

Kalau hanya untuk gateway di Linux banyak koq aplikasi yg web based,
jadi bagus untuk pemula juga. Nich contoh nya : clarkconnect.

Rgds