> Salah spek, pakai VGA Card ato card khusus rendering seperti matrox,
> AVID dll. ato pakai Mac sekalian.
> gak perlu memory dan CPU tinggi krn proses rendering yg kerja keras
> hard disk dan VGA.

===== Ehem Pak, maksud Anda ini rendering video atau 3D?
CMIIW, soalnya kalo enggak salah inget, original poster itu ngomongin
3dsmax loh (3D)... bukan ngomongin adobe premier (Video).

> Sebaiknya pakai CPU min. dual core dan HD SCSI dan proses rendering
> tidak dilakukan di HD system.

===== Wah kalo pake dual core sih uda spek tinggi Pak... :) Gak perlu
CPU tinggi koq pake dual core?

Kalo mau sekalian beli HDD-nya SCSI yang kelas AV, dengan thermal
calibration yang lebih baik supaya tidak ada frame drop. Tapi ini
setau saya untuk AV rendering, bukan untuk rendering 3D.

> Sebagai gambaran saya hanya pakai add-in matrox/avid, memory cuma 1
> gig, VGA cuma GF2-4MX 32 MB dan hard disk 30 GB kuat2 aja tuh utk
> bikin telop/iklan durasi 30-60 detik

===== Sekali lagi saya tanya, Anda rendering iklan ini video or 3D?
Kalo video, jelas spek Anda sudah cukup. La wong Anda sudah pake add-
on Matrox/AVID yang harganya setau saya mahal sekali >$500 sampai
>$2000. Card2 ini memang bisa menggantikan fungsi prosesor untuk
rendering video (tapi tidak semua effect disupport untuk real time
rendering). Prosesor sedang (2 Ghz kurang) dan RAM 1 GB plus VGA
standar saja sudah lebih dari cukup. Sisanya akan dihandle oleh
Matrox/AVID Anda...

Coba Anda lepas itu Matrox/AVID, dijamin spek tersebut enggak akan
bikin Anda puas.

Kalo bicara rendering 3D, silakan coba 3dsmax dengan berbagai efek
(raytrace, mirror, etc). Dijamin dengan spek di atas (prosesor yang
tidak tinggi, RAM 1 GB, VGA GF2-4MX), Anda enggak akan bilang cukup :)

Thanks.

Sincerely,
Jimmy Auw.