From: ITCENTER@yahoogroups.com [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Behalf Of Aryadha
Sent: Friday, December 23, 2005 1:01 PM
To: ITCENTER@yahoogroups.com
Subject: [ITCENTER] Sharing Rontok Bro

Dear ITers Indonesia,

Saya dan teman2 sekantor pernah jadi korban rontokbro. Karena kita pakai LAN
+ intranet, 9 pc rontok dalam waktu kurang dari 2 jam. Kerjaan saya dan
teman2 selama kurang lebih 2 bulan (waktu itu kita lagi bikin aplikasi untuk
klien) jadi tertunda selama beberapa hari. Akhirnya saya dan bos saya yang
mesti bolak-balik ke klien untuk minta pengertian mereka saat kita minta
penangguhan waktu.

Praktis company kita dirugikan. Uang, waktu dan tenaga masih bisa diusahakan
(kita tambah programmer untuk kejar deadline) tapi nama baik yang kita jaga
selama ini di depan klien agak sedikit "tercoreng", untung kliennya klien
lama jadi dia bisa agak2 maklum dikit. Menurut saya, kerugian di sisi nama
baik itu sulit atau bahkan tak bisa tergantikan.

Jadi himbauan saya, kalau memang pembuat virusnya bisa terjaring secara
hukum lebih baik, meskipun saya juga masih belum tau proses penanganan
cyber-crime di Indonesia seperti apa. Dan kalau para mahasiswa ITB tsb
mengadakan seminar untuk pembahasan bagaimana cara penanggulangan virus tsb,
itu juga sangat bagus. Tapi bila benar mereka yang membuatnya (atau
siapapun-lah orangnya), sangat disayangkan sekali, karena korbannya bisa
benar2 dirugikan.

Sedikit inputan yang menandakan bahwa rontok dibuat oleh orang Indonesia ada
di link2 di bawah ini:
http://securityresponse.symantec.com/avcenter/venc/data/[EMAIL PROTECTED]
tml
[...]
Mungkin si pembuatnya ingin agar pesannya terbaca oleh semua orang (ada di
point no 14 atau 15 dari setiap link di atas). Tujuannya / isi pesannya
mungkin bagus, cuma caranya yang sangat tidak bagus.

Harapan saya, semoga kejadian tersebut tidak pernah ada lagi, dan semoga ada
anak bangsa Indonesia bisa membuat anti virus yg berguna bagi semua umat di
dunia, (kalau perlu bisa mengalahkan Symantec dan lain-lain) dan jangan
membuat virus yang notabene korbannya bisa2 teman / saudara / sahabat dari
bangsa sendiri.

Salam,

arya