"Dimas" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Mas Wiempy,
>
> Sudah pernah coba pake Creative Zen? Pingin tahu aja mana yang lebih
> bagus.
>
> Salah satu yg saya gak senang dengan MP3 itu, waktu di play kalo gak
> Treble/Bass-nya itu kenceng sekali ato cenderung kasar. Meskipun bisa
> diatur
> di equalizer-nya, tapi tetep aja suaranya jadi jelek. Padahal kalo gak
> salah
> di convert dengan 128 bit. Salah apanya ya kira2? Rate-nya ato waktu
> convert?

Wpy:
Saya blom pernah coba pakai Creative Zen, tapi kelebihan Creative
Zen adalah adanya fitur FM Radio yg sudah built-in selaen tentunya
sebagai MP3 Player. Tapi saya pernah lihat harganya di EasyPay
Catalog Citibank, cukup mahal juga sekitar 200 US Dollar, dgn
kapasitas hardisk 5 Gb, bisa muat 1500 lagu katanya. Sedangkan
iPod yg saya punya adalah ipod mini dgn kapasitas hardisk 4 Gb,
bisa muat 1000 lagu dgn asumsi satu lagu MP3 kapasitasnya 4 Mb.
Harganya iPod mini pas saya beli 3 bulan yg lalu sekitar 170 US
Dollar.

Klo saya biasanya convert lagu dari CD Audio punya temen memakai
Easy CD-DA Extractor. Saya pilih menu Audio CD Ripper, lalu pada
bagian Output saya masukin .mp3 (MPEG Layer-3), saya sarankan
jangan memakai yg Fraunhofer MP3 Codec, karena setelah saya
bandingkan kualitas suaranya lebih bagus dgn memakai Output yg
MPEG Layer-3. Klo hasil dari convert CD Audio kurang bagus, saya
sarankan km pakai aja Sony Sound Forge versi 8.0 untuk mengeditnya.
Sony Sound Forge merupakan Professional Digital Audio Editing
Software. Misalnya km punya lagu MP3 yg banyak noisenya, km edit
aja dgn Sound Forge, pasti nantinya kualitas suaranya jadi lebih baik
dibanding sebelum di-edit.

Saya gak pernah pakai Audio Catalyst, soalnya saya pernah pakai
untuk Extract CD Audio memakai MP3, setelah saya bandingkan
kualitas suaranya, masih lebih bagus jika memakai Easy CD-DA
Extractor. Sony Sound Forge juga bisa dipakai untuk Extract CD Audio
menjadi MP3, tapi saya blom pernah melakukannya.

Alamat situs Easy CD-DA Extractor adalah di www.poikosoft.com

Emangnya km convert CD Audio pake program apa ?? Koq kualitas
lagu MP3-nya bisa jelek begitu. Atau jangan2 km copy file MP3 dari
CD MP3 bajakan. Klo itu sich lagunya jelas saja jelek2, biasa convert-nya
asal2-an. Saya sich lebih suka pinjem CD Audio sama temen, trus saya
jadikan file MP3 dgn menggunakan Easy CD-DA Extractor. Saya pinjam
CD Audio sama temen, kualitas CD-nya masih mulus. Jadi setelah saya
convert menjadi MP3, kualitas suaranya lumayan bagus, gak jelek2 amat
seperti yg biasa terjadi di CD MP3 bajakan. Saya sich gak gitu suka copy
lagu MP3 dari CD MP3 bajakan punya temen. Hampir 90% hasilnya
jelek. Saya biasanya langsung convert lagu MP3 dari CD Audio punya
temen. Cukup pake Easy CD-DA Extractor, semua CD Audio yg di-protect
bisa di-bypass. Dan juga saya mendapatkan kualitas suara yg cukup bagus.
Soalnya saya pernah copy-in lagu MP3 yg tlah saya convert tsb menjadi
format Audio CD buat temen saya pake program Nero. Temen saya tsb
cukup puas dgn kualitas suaranya, dia setel CD Audio tsb di mobilnya
yg sudah dirombak menjadi Mobil Theatre (klo di rumah namanya Home
Theatre), jadi Audio System di mobil dia memakai Audio system yg paling
bagus, dentingan Bass dan Treble-nya sangat kerasa.

Salam,

Wiempy