> gini pak, denger2 kan skrg ada XL corporate yg unlimited.
> lha kalo bisa bener2 384 kbps kan keren tuh.
> bisa "mobile broadband" dong ;)
> namanya juga eksplorasi teknologi, apa salahnya dicoba kan.

===== Cobain dulu deh layanannya secepat apa... biasanya enggak
secepat teorinya koq :) saya enggak pake XL sih, jadi kurang tau
gimana layanannya... setau saya yang support EDGE itu Telkomsel (dan
kalo ga salah lagi, itupun hanya di kawasan bisnis sana yang aktif
EDGE-nya). Enggak tau apakah operator lain sudah ikutan ini atau belum
mengingat EDGE ini cuman sekedar GPRS yang lebih cepat, jadi pada
males implement dan mau langsung ke 3G.

===== Percuma Pak. AFAIK, operator di sini enggak ada yang Class 12.

> ngomong2 ada yang tau daerah mana saja yang
> providernya udah support EDGE?

===== Setau saya daerah segitiga emas sana (kawasan bisnis saja).
Enggak tau kalo uda mulai diperluas.. maklum, uda lama jarang pake
GPRS... ini saya aja lagi pake VPN-nya M8 hehehe...

> soalnya dari hasil googling ternyata Telkomsel, Indosat, dll
> udah ada gosip2 mau implementasi sejak 2004, nah sekarang
> kan udah 2006, logikanya udah banyak kan daerah yg
> ter-cover?

===== Prakteknya enggak begitu... ngapain mereka buang duit
implementasi EDGE di daerah yang enggak berpotensi memakai layanan
tersebut. Dari segi bisnis tentunya tidak menguntungkan donk.

> kemaren sempet sebel juga, masuk ke graha nokia, bilang
> cari hp yg bisa EDGE, eh malah si CS nya bilang
> "percuma mas beli yg EDGE, ga kepake juga"
> hueee.. bukannya ndukung produk malah dialih2kan

===== CS tersebut enggak salah koq. Memang EDGE hampir dikatakan
enggak kepake. Ponselnya pun enggak mahal, kalo enggak salah inget
lagi, Nokia 6230/i juga uda support EDGE... dan hampir semua generasi
barunya Nokia juga sudah ber-EDGE (liat di web-nya untuk pastikan).

> saya biarin aja lah, cuma kata orang2 sih EDGE memang
> gak diimplementasikan di Indonesia, tapi 3G udah mulai
> di jakarta -katanya- CMIIW

===== EDGE ada, tetapi tidak banyak (hanya di area yang berpotensi
saja). 3G sudah mulai dari tahun lalu (trial), kebetulan saya sudah
sempat coba layanan tersebut... layanan yang lebih cepat dari 3G
seperti HSDPA juga sudah ditrial tahun lalu oleh Ericsson dan beberapa
bulan lalu oleh Motorola... tinggal tunggu headset generasi baru ini
saja deh...

Sincerely,
Jimmy Auw.