At 16:21 21/02/2006, you wrote:

>Dear Frenz:
>Saya kok curious sama bank tsb. Kan layanannya canggih, krn pelopor "online
>banking".

AFAIK, Dulu sebelum BCA
BII dan Bank Bali (permata) trus Lippo yg pertama membuat layalan
internetbanking
BCA terkenal karena iklannya paling gede :))

Dulu saya pernah dapet kabar, klo ada Bank di Bandung sudah memberikan
layanan Phone Banking  sejak tahun 1994
bukan phone yg di terima oprator loh, tapi beneran pake system  :)

>Tapi sudah sekian lama masih saja sering terjadi "OFFLINE" pada masing2
>cabang.

Setiap Bank punya kebijakan SOP berbeda dan kadang emang tidak masuk akal
di nasabah :)
Ngakunya online tapi ketika mau transaksi ke cabang tertentu putus ke
cabang lain bisa.
sudah itu, kita tau gak bisa transaksi ketika di depan teller setelah
berjam2 ngatri !!

di Bank Indonesia itu ada procedur earmarking, jadi transaksi menalui
telpon antar teller
jika jalur komunikasi putus
Nah bank yg sudah online kadang males buat balik lagi ke jaman seperti itu :)

>Pernah servernya terlihat dr luar masih pake Novell, programnya kayaknya
>COBOL. Ada org BCA disini? Atau para pakar bisa memberi pencerahan?
>Sorry kalo terlalu "maksa".

kadang bukan dari system pake Novell atau cobol tapi urusan lain juga
pengaruh seperti jaringan komunikasinya.
jaringan komunikasi antar Bank itu umumnya di pegang perusahaan lain bukan
oleh bank itu sendiri

belum lagi support dari perusahaan komunikasi juga suka gak bener
sering saling menyalahkan, bahkan dalam satu grup perusahaan yang sama !
si anu mengalahkan aplikasi, si anu menyalahkn router si anu menyalahkan
firewall
si anu menyalahkan telkom si anu menyalahkan ....

itu pengalaman saya di IT Dept bank swasta
tapi bukan BCA loh :))