Sharing pengalaman dari temen yang kerja offshore. Gaji emang besar, tapi
rutinitas dan lingkungan yang bikin dia merasa tidak nyaman. Untuk masalah
pekerjaan dia cuma punya 2 pilihan;
1. Puas dengan kondisi saat ini
2. Resign lalu cari pekerjaan di lokasi lain

Proses wawancara jelas tidak mungkin dilakukan. Teleconference pun tidak
bisa karena policy company melarang penggunaan hal itu.

Manager saya pernah bilang, bahwa pekerjaan itu mirip co-ce yang pacaran,
sementara proses wawancara bisa dibilang merupakan "kencan" yang merupakan
salah satu step PDKT. Nah ketika Anda diajak "kencan" oleh perusahaan, lalu
Anda sudah bilang "Wah saya sibuk, kalau saya pergi berarti saya rugi 1
juta. Apa Anda mau bayar ganti rugi itu?"
Hehehe... sepertinya sudah sedikit terbaca, bagaimana karakter Anda :)

Pacaran (baca: proses mendapatkan pekerjaan) itu butuh pengorbanan bukan?
Perusahaan meluangkan waktu dan uang untuk mencari kandidat yang tepat, jadi
diharapkan calon karyawan juga melakukan pengorbanan serupa.

Kalau sampai pemikiran berikut muncul, maka dipastikan tidak akan terjalin
kerjasama antara perusahaan dan calon karyawan:
Perusahaan : (Apa Anda pikir, hanya Anda yang capable untuk posisi ini?)
Karyawan : (Masih banyak perusahaan lain yang mau memperkerjakan saya)

Regards,
Setyo suhartanto