Hahahaha... mental begini yang susah. Tau sesuatu itu salah, dan ketika
dinasehati malah membela kesalah tersebut dengan 1001 macam alasan.

Saya tidak bangga jadi pencuri software/ebook illegal. Saya mau kalau
mungkin semua yang saya lakukan adalah legal dan bersih baik dari sisi hukum
atau agama. Tapi selama itu belum memungkinkan, paling tidak saya merasa
malu dan tidak mengajak orang lain melakukan kejahatan yang sama.

Sepertinya analogi pencuri yg membagi2kan hasil curiannya kurang Anda pahami
ya?

Anda berada di sebuah lingkungan dengan peraturan tertentu. Kalau bos Anda
memarahi Anda karena bekerja menggunakan sandal jepit, lalu Anda bilang bos
itu munafik? Apakah Anda berfikir sang bos bersikap begitu karena dia tidak
pernah pakai sendal jepit?

Salah besar, Bung. Bos hanya menjalankan aturan main bahwa saat bekerja
tidak boleh pakai sendal, dan aturan itupun berlaku untuknya. Apakah
nantinya saat pulang sang bos ikut pakai sendal jepit, telanjang kaki, atau
malah punya toko/pabrik sendal itu udah diluar konten.

Jadi tolong perluas wawasan dan paradigma Anda, karena itu salah satu ciri
orang "pintar".

BTW soal hidup susah dalam arti ekonomi, coba bayangkan Anda punya seorang
istri yang sedang hamil dan Anda belum punya pekerjaan tetap, sementara
harta Anda hanya satu tas berisi pakaian Anda + istri, hp yang sudah usang
serta uang tunai 500 rupiah. Anda tinggal di daerah asing, dimana tidak ada
sanak saudara yang Anda kenal terlebih lagi Anda sudah "terbuang" dari
keluarga. Kalaupun saat itu Anda mati kelaparan, mungkin tidak ada yang
peduli dan mayat Anda hanya menunggu busuk di dalam kamar. Saya pernah
mengalami kondisi itu, jadi jangan ajari saya akan mahalnya arti uang.

GROW UP!!!

Regards,
Setyo Suhartanto