Maaf mas Yokhanan terima kasih untuk mengingati,

saya tau itu gak etis, oleh karena itu saya memberikan tanggapan ini ? saya
gak ingin kalian yang melamar... jauh-jauh datang untuk interview .. namun
hasilnya bisa bikin kecewa anda sendiri, cape loh !! untuk mas Yokhanan dan
yang lainnya, tolong jangan salah paham ... saya yang gak pernah lulus
kuliah dan memulai pekerjaan saya di bidang IT sebagai Office boy di sebuah
warnet .. gak rela melihat rekan-rekan yang memang telah rampung kuliahnya
dan mencari kerja .. tapi di intimidasi oleh perusahaan, saya yang termasuk
orang berpendidikan rendah sering merasakan atau melihat seorang calon
karyawan di intimidasi perusahaan dengan cara dibayar serendah-rendahnya.

Kalau boleh tau .. apakah semua orang mengerti berapa standar salary IT di
tiap bidang. berapa perhitungan pembayaran jika karyawan tersebut melakukan
lembur, melakukan dinas keluar, dsb ? coba cek milist, banyak loh yang nanya
seperti itu.

Kenapa saya menuliskan nominalnya yang perusahaan tersebut tawarkan ..??
supaya mereka punya bayangan, berapa mereka menerapkan harga untuk dirinya
sesuai dengan standardnya.. kalo mereka main terima begitu saja, katakanlah
1.2jt, ini bisa jadi salah satu efek berantai yang menyebabkan harga pasaran
tenaga IT menjadi turun, karena esoknya perusahaan ketika membuka lowongan
baru akan mencoba menurunkan harga menjadi 1 jt. dan kalo ada yang mau
besoknya jadi 900rb, begitu seterusnya.

Saya sudah kemukakan pandangan saya, mohon maaf jika ada yang tidak
berkenan, tapi apa yang saya lakukan bukan untuk mendiskreditkan individu.
tapi sebagai masukan mengenai apa yang nantinya bisa anda lakukan ketika
memang bermaksud interview di perusahaan tersebut.

salam saya
Yanu