Syaifuddin Daulay wrote:

> Bung Eye, terima kasih banyak sebelumnya. Honestly, this is my very very
> first time with linux.

Pak Syaifuddin, kalau ini 1st time interaksi anda dengan Linux, saya
menyarankan lebih baik anda berganti distro menggunakan Ubuntu, yang
saat ini ada di versi 5.10, dan Juni nanti akan ada di 6.06.
Ubuntu merupakan pendekatan distro yang mudah, sudah dipilih semua
packagenya yg paling umum dipakai, hanya 1 CD ukurannya, dan
orientasinya dekstop. Lain dengan Fedora, ini walaupun termasuk golongan
distro "mudah" tapi orientasinya melebar dari server sampai dekstop,
akibatnya untuk terjun ke forum Fedora, anda bisa berhadapan dengan
orang yg lagi pusing mikirin hal serumit SELinux dan pertanyaan newbie
diabaikan. Banyak juga member community Ubuntu yang merupakan migrant
dari Windows user, jadi tidak terlalu takut dibantai Linux zealot di
sana kalo bertanya "di Windows begini, di Ubuntu bagaimana?"

Sudahkah anda punya distro Ubuntu? Mungkin ada diantara member milis ini
yang juga punya sisa dari pengiriman gratis Canonical Shipit? Tolong
rekan Syaifuddin dibantu. Kalau sampai Sabtu sore tidak ada yg kasih
jawaban, kebetulan saya ada biz trip di Jakarta Senin depan, saya bisa
kirimkan ke anda, japri alamat anda ke saya, atau ambil di kantor saya
di Sudirman. Sekali lagi, Ubuntu ini hanya 1 CD, jadi cepat installnya.

  Jadi most of istilah di atas saya belum ngerti.
> Well that's ok saya akan mulai iqra'. BTW, punya link yang bahasa nya
> lumayan sederhana dana ada step-by-step nya utk masalah seperti ini, please?

Untuk Ubuntu, mulailah dari http://www.ubuntu.com/
Salah satu site yang bagus buat dibaca adalah :
http://help.ubuntu.com/starterguide/C/faqguide-all.html

Kalau anda berminat dengan Fedora Core 5, saya bisa kasih juga, tapi
saya kawatir dengan RAM anda, akan susah untuk menjalankannya, dan saran
saya untuk mengganti dengan fluxbox dsb, akan membuat konfigurasinya
tidak user friendly untuk anak anda. BTW, FC5 saya dalam bentuk DVD,
laptop anda DVD atau CD?

> Saya khawatir resource notebook nya ngga cukup. Apa saya salah?

Kalau untuk FC5, anda punya problem di RAM.

> Apa FC5 ngga ada issue di Trident lagi?

di FC5 tidak ada issue Trident Cyberblade lagi. FC4 pun sebenarnya kalo
sudah di patch juga tidak, cuman mereka sial aja, pas membuat ISO image
untuk FC4, driver Trident lupa di test dengan benar.

> Honestly ini notebook nantinya ngga bakal di pake kerja oleh saya. Itu
> notebook biasanya di pake anak saya umur 4 tahun buat maenin MS Paint
> buat ngegambar bebas. Nah, saya kepingin anak saya tidak seperti saya
> yang dari kecil sampe sekarang cuman tau "Wind*ws" sehingga susah
> berhemat. Karena yg saya tau di linux juga ada program yang mirip dengan
> MS Paint, makanya ini notebook mau tak pasangin linux. Mulai dari itu
> saya berharap anak saya akan lebih familiar dengan linux/opensource di
> masa yang akan datang.

That is a good initiative and I like that also. In that case I can offer
you a look at Edubuntu, it is a derivative of Ubuntu project which is
focusing into education software. Check this out : http://www.edubuntu.org/
I believe most of my comrades in Indonesia will not have this Edubuntu
distro, so I will help you to download it. Pass me your address or we
can arrange to meet in Sudirman, Jakarta.

best regards,

Dedhi