-Cygnus- wrote:
> Dear all,
>
> Mumpung mbah syiwabhairawa nongol lagi :d, mau nanya (kalo ada member

kesannya gue penampakan jin iprit kali ye :P

> lain tau, silakan menjawab juga :d) sesuatu yg dulu saya pernah tanya
> dimilis ini, tapi belum ada yg jawab :
>
> "Saya punya server HP Proliant DL380 G4, dgn 4 HDD SCSI, saya buat 3 HDD
> RAID 5 & 1 online spare. via HP Smartstart (RAID hardware), kemudian
> diinstall OS Centos Linux. Jika nantinya saya ingin expand HDD nya, dan
> saya masukkan ke existing RAID array, apakah si Centos nya ini akan
> otomatis mengenali HDD dan "menyesuaikan diri" dgn kapasitas yg baru?
> Ada yg punya pengalaman spt ini? Please share donks :)"

Gue sendiri belum pernah pakai CentOS/RHEL di atas hardware RAID-nya HP
Smartstart. Tapi pengalaman dengan Hardware RAID pada umumnya tidak
mengijinkan perubahan kapasitas ataupun layout dengan menambah atau
mengurangi hard disk baru.

Jika memang kepingin menambahkan kapasitas baru, jalan yang saya tahu
adalah menggunakan Software RAID, karena extend maupun layout dari
Software RAID (termasuk LVM2 di Centos 4.x) bisa diubah. Tentunya file
system yang digunakan juga kudu support resize. ext3 FS sayangnya tidak
support resize karena ada journalnya, jadi journal kudu dibuang dan
dibuat menjadi ext2 FS dulu pakai tune2fs.

Jadi untuk summary-nya, kita perlu deploy 3 layer :
a.resizeable file system
b.on top of Logical Volume Manager, LVM2 if possible
c. on top of HP Smartstart Parity Group

Jadi sekarang kalo sudah punya 4 column RAID 5 dalam 1 Parity Group,
pasti dari sisi Centos cuman dikenal sebagai 1 disk besar kan? Let's say
/dev/hdb. (coba kirim output dari mount command ke sini).
/dev/hdb ini kudu di-encapsulate dalam LVM2, misalkan jadi
/dev/VolGroup00/LogVol00.
Kemudian HDD baru ditambahkan, dia tidak bisa dimasukkan ke dalam Parity
Group yang sama dengan /dev/hdb, karena hardware RAID tidak mengijinkan
extend change/relayout. Jadi paling banter anda membuat Parity Group
baru lagi, atau kalau cuman 1 hard disk yang semuanya dijadikan satu
partisi, misalkan jadi /dev/hdc.
Lalu import /dev/hdc ke disk group VolGroup00
#lvm vgextend VolGroup00 /dev/hdc

Inget, penambahan extend ini hanyalah Concatenation, jadi anda akan
punya RAID5 4 colums diconcat ke 1 hard disk, performance pasti jadi
aneh, sudah resiko.

Sekarang karena /dev/hdc sudah menjadi freespace tambahan buat
VolGroup00, LogVol00 yg ada di dalam VolGroup00 bisa diextend :
#lvm lvextend -l+maunya_berapa /dev/VolGroup00/LogVol00

Setelah itu resize ext2 FS di dalam /dev/VolGroup00/LogVol00, misalkan :
#ext2online /dev/VolGroup00/LogVol00

So,bottomline, kalau pakai Hardware RAID anda ingin mengubah extend atau
layout, lebih baik dump isi filesystem ke tempat lain, scratch semuanya,
dan re-create :D