Dear Syiwabhairawa,

  Terima kasih atas masukannya.
  Saya masih berumur 29 thn, saya sekarang kerja di MNC juga di Jakarta. Tetapi
MNC-nya tidak sebesar tawaran dari malaysia. Tempat kerjaku hanya beroperasi
diwilayah asia saja.

  Total pengalaman kerja setelah lulus kuliah 5-6 tahun, tetapi yang
berhubungan dengan pekerjaan yang ditawarkan 3.5 - 4thn.

  Wah artinya saya masih underpaid yah? hehhee...
  kalau saya lihat di corporate sitenya, pension, medical, insurance di
tanggung company. Belum tau kalo transport dan acomodation karena tanggung
jawab saya sistem 24 x 7 running..jadi bisa jadi kerja malam.

  Bagaimana menunut mu?
  kalo boleh tau, Anda pernah bekerja di malaysia? bagaimana tips2 lainnya?

  Saya tunggu
  terima kasih

syiwabhairawa <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
  --- In ITCENTER@yahoogroups.com, yoga fm wrote:

> Dear syiwabhairawa..
>
> Saya masih bujangan
> gaya hidup biasa aja..sederhana..
> terbiasa naek kendaraan umum walau untuk kerja di indonesia
diantar jemput sopir..
> Kota bayan lepas, penang malaysia
> Kamar biasa Ok..kalo apartemen bisa...kenapa enggak?
>
> so...
> saya sangat mengharapkan informasi living kost untuk hidup yg gak
terlalu ngirit banget...moderat lah...

> terus brapa besar buat saving?

Nah ternyata tinggalnya di Penang, tepatnya Bayan Lepas, otomatis
living cost tidak akan setinggi Kuala Lumpur.
Tapi masalahnya kalo di Penang, public transport tidak sebaik KL,
mungkin anda kudu self drive di sana. Mobil bekas cukup murah kok,
tapi mungkin belum bisa beli dulu.
Kalo anda bujangan, lebih enak anda sewa kamar aja, karena otomatis
maintenance rumah dilakukan orang lain sudah termasuk sewa kamar, dan
di sana property juga murah.

IMHO, 4000 MYR mencukupi untuk orang yang pengalaman kerjanya maximum
2 tahun di sana. Tapi kalau anda sudah di range expertise kerja 3-5
tahun mungkin lebih tepat dapat sekitar 6000 MYR.

Untuk sekarang, 4000MYR anda bisa survive dan perkiraan saya paling
tidak anda bisa save 1500 MYR montly. Check benefit apa yang didapat
dari company. Kalo tidak ada (seperti umumnya karyawan kontrak), jgn
lupa invest untuk Medical dan Critical Illness insurance. Tapi karena
masih bujangan dan gak punya dependent, gak perlu punya Live insurance.