--- In ITCENTER@yahoogroups.com, "[EMAIL PROTECTED]" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> kl biar ketahuan ip si pengirim bisa ndak bosss ??... misalkan kita
whois
> email addressnya gitu bisa ndak yah.. saya udah coba koq ndak bisa
yah...

setiap kita kirim email pasti ada catatan pada email yang kita kirim
(akan terlihat di sisi penerima), catatan tsb biasa disebut "mail
header" (Internet Mail Message Header). Mail header ini isinya
macam-macam yang tergantung juga pada setting di sisi pengirim, karena
pengirim bisa juga menambahkan header, misalnya pada penggunaan
antivirus, anti-spam, dsb), termasuk juga IP pengirim dan IP yang
dilalui oleh email tsb untuk sampai ke penerima.

Sebagai contoh, Anda telah mengirimkan pertanyaan ini ke milis dan
dari sisi penerima akan tampil (header) sbg berikut:
yahoo ada pada menu View Source).
Anda bisa cari tau sendiri di bagian mana IP (gateway) anda
ditampilkan. Letak/field yang menampilkan IP pengirim bisa berbeda
tergantung juga pada mail-client yang digunakan, terutama pada
penggunaan webmail maka akan bervariasi.

Untuk detail tentang Mail Header ini bisa baca2 juga di:
http://cr.yp.to/immhf.html
http://itim.tamu.edu/htmlfs/mailheaders.shtml
atau bisa juga dilihat di google:
http://www.google.co.id/search?hl=id&q=about+%22mail+header%22&btnG=Cari&meta=