From: ITCENTER@yahoogroups.com [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Behalf Of Henkie Basuki Djayapranata
Sent: Friday, May 12, 2006 11:01 AM
To: ITCENTER@yahoogroups.com
Subject: Re: [ITCENTER] Komputer Mati - Power Supply Ape Power Button di
Casing ?

Kabel hitamnya sepertinya semuanya sama, yaitu ground.

Untuk mengukur kemampuan sebuah power supply apa saja, baik untuk komputer
atau lainnya, yah harus dibebani dengan beban / dummy load berupa resistor,
yang nilainya dan dayanya sudah dihitung, bisa membebani power supply
tersebut.  Salah satu cara pengukuran, adalah beban berupa resistor tersebut
dipilih atau menggunakan resistor variable sedemikian, sehingga tegangan
yang terukur turun 10%nya.  Nah setelah turun 10%, dibiarkan ber jam-jam
sesuai pemakaian normal sehari-hari, misalnya 8 jam.  Kalau ouput power
supply itu mempunyai beberapa tegangan output, seperti power supply untuk
komputer, ada yang +12 volt, - 12 volt, + 5 volt, - 5 volt, + 3.3 volt dan
lainnya, maka semua tegangan outputnya, harus di bebani dengan cara yang
sama.  Nah saat dibebani itulah, kondisi power supplynya dalam status
maksimum.

Salam.