Dear All ITCenter members,

Kalau rekan2 berkenan membaca thread ini, mungkin rada bingung dengan subject
yang saya pasang. Terus terang ini hanya sharing belaka, sehingga tidak ada
maksud apapun selain untuk lebih meningkatkan pelayanan dalam dunia IT
Indonesia. Ceritanya begini :

Setahun yang lalu perusahaan kami menggunakan ISP dengan pusat di Plaza 89
Kuningan untuk koneksi internet, karena dengan pertimbangan satu gedung dengan
kami dan akan mempermudah maintenance nantinya. Dan untuk keseragaman, maka
kantor cabang kami yang di Surabaya dan Bandung pun kami menggunakan ISP yang
sama karena memang mereka punya kantor cabang juga di kedua kota tersebut.
Dengan berjalannya waktu, ternyata banyak masalah yang kami hadapi, terutama
dari sisi customer/teknikal support. Sering sekali koneksi terputus dan setiap
dihubungi tidak pernah diberi kepastian kapan koneksi akan bisa normal kembali
(setahu saya ada standarnya deh untuk tiap ISP). Pernah juga koneksi di kantor
cabang kami di Surabaya putus sekitar 2 minggu, untungnya setelah kami komplain
untuk adanya kompensasi, akhirnya billing kami dipotong, walaupun tetep aja
kerugian dari pihak kami (nggak konek 2 minggu man....).
Pernah koneksi kami di Bandung putus, waktu itu karena adanya pembangunan
gedung yang menutupi signal wireless yang dipancarkan dari BTS ISP tersebut
(koneksi wireless yang dipakai), cukup lama juga, hampir 2 minggu dan setiap
kali dikontak selalu jawaban yang sama, "Sedang kami proses pak."
Yang sangat disesalkan adalah ketika kami menyatakan putus kontrak yang telah
berlangsung satu tahun.
Dari pihak ISP itu menawarkan untuk memperbaiki pelayanan yang akan mereka
buktikan selama kurang lebih 2 bulan sebelum koneksi kami benar2 berakhir. Kami
pikir, OK lah, kita lihat apakah pelayanan benar2 lebih baik, kenyataan, NOL
BESAR, koneksi sering putus berhari2 terutama di kantor cabang Surabaya dan
setiap dihubungi, tidak ada penanganan lebih lanjut untuk perbaikan.
Kami juga ditawari diskon yang cukup menggiurkan jika kami melanjutkan
langganan koneksi untuk tahun berikut yaitu pemotongan billing yang menurut
saya cukup besar (sekitar 1.5 juta) Tapi sayang, melihat kondisi koneksi yang
kurang baik, kami pun akhirnya untuk berhenti. Untuk itu kami segera melakukan
proses instalasi untuk kantor kami di Jakarta, Surabaya dan Bandung.
Ketika proses instalasi berlangsung, fokus kami sesuai dengan akhir koneksi,
jadi kami utamakan dulu untuk kantor yang koneksinya akan segera berakhir.
Untuk Surabaya billing yang kami bayarkan sampai tanggal 20 Mei, tapi tahu
nggak, pada tanggal 2 Mei orang2 dari ISP itu datang ke kantor kami di
Surabaya, mencabut alat2 yang mereka pasang untuk koneksi kami, alhasil staff
kami di Surabaya yang bingung koneksi terputus melapor ke Jakarta. Setelah
selidik punya selidik, ternyata diketahui bahwa koneksi kami sudah diputus, dan
dari informasi account executive, menyebutkan bahwa sesuai dengan surat
pemutusan yang kami buat. Aneh bukan, sudah layaknya maling di siang bolong
yang datang dan langsung mencabut alat tanpa pamit dulu ke kami sebagai
pelanggan.
Kejadian berlanjut untuk mail hosting. Karena kami belum punya mail server
sendiri, kami mendapatkan pelayanan mail account yang disetting di mail server
ISP tersebut.
Tiba2 di sore hari tanggal 11 Mei, semua mail dengan domain kami tidak bisa
masuk. Segera saya kontak account executive untuk daerah Jakarta, dan dengan
tenang beliau mengatakan, "Wah, Bapak kan sudah tidak menggunakan jasa koneksi
kami, otomatis layanan turunannya juga kami cabut, yaitu mail hosting".
Ternyata mail account kami di mail server mereka sudah DIHAPUS tanpa
KONFIRMASI. Saya berpikir, kemana kira2 larinya email2 kami (he he he ..... ya
pasti ilang toh)
Saya berpikir, apakah ini yang namanya PROFESIONALISME ?????
Saya awal2 kita akan berlangganan dibaik2in. Eh ... saat kita mo putus hubungan
kayak gini ternyata. Tapi ada sih sisi positif yang kami dapet, paling nggak
kami tahu bahwa ISP tersebut memang tidak professional, dan beruntung kami
tidak memperpanjang kontrak dengan mereka.
Saya sih cuma berharap agar temen2 hati2 dalam memilih ISP, jangan tertipu
dengan tawaran yang menarik, padahal isinya adalah racun.

Mohon maaf jika ada kata2 yang kurang berkenan. Terima kasih

Salam,

Suci